Sukma Damayanti, saat berdiri di depan gubuknya

Miris, Warga Tapango Ini Hidup dari Kakao Sisa Makanan Tikus


Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Sukma Damayanti, demikan nama lengkap seorang ibu rumah tangga yang tinggal di sebuah gubuk berukuran 2x2 Meter persegi di Desa Tapango, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar.

Lokasi tempat tinggal perempuan berusia 39 tahun ini adalah lahan milik salah seorang warga setempat. Ia terpaksa menumpang di lokasi itu, lantaran tak punya tempat lain, sejak ia resmi bercerai dengan suaminya beberapa tahun lalu.     

Damayanti mengaku tinggal di gubuk itu bersama anaknya yang saat ini duduk di bangku kelas dua SMP.

"Di tanah milik orang ini, saya tinggal bersama anak saya yang masih duduk di kelas dua SMP," papar Damayanti saat ditemui di kediamannya, Rabu 20 Desember 2017.

Untuk menopang kehidupan keseharian rumah tangganya, Damayanti mengaku bekerja sebagai pemungut kakao sisa makanan tikus di salah satu kebun milik warga. Hasilnya kemudian dijual ke pedangang setempat.

"Saya pungut buah cokelat sisa makanan tikus di kebung orang. Kalau ada hasilnya, saya pake beli beras dan mie instan," ungkapnya.

Damayanti mengatakan, jika musim kakao berlalu, ia tak hanya kehilangan mata pencaharian untuk sementara, tapi juga terkadang dirinya bersama anaknya tak makan nasi. Ia hanya makan mie instan dan sayur-sayuran yang ada.

Tag :

polman
  • 1875 Dibaca