Asri Anas (Gambar: mpr.go.id)

Pembangunan Bandara di Polman Dinilai Belum Layak


Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Rencana Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar membangun Bandara Internasional di Desa Paku, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar dinilai belum layak oleh Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Muhammad Asri Anas. 

Menurutnya, bandara di Polman belum terlalu dibutuhkan, mengingat lalu lintas ekonomi di wilayah tersebut belum terlalu maksimal. "Polman harusnya fokus pada pengentasan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja," kata Asri Anas ke Seputarsulawesi.com, Sabtu 7 Oktober 2017.  

Baca: Warga Desa Paku Tolak Rencana Pembangunan Bandara di Polman

Asri Anas menegaskan, pembangunan bandara udara (bandara) itu tidak boleh dipaksakan jika warga setempat menolak. Ia pun mengingatkan agar Pemda setempat kembali membaca UU Nomor 1 Tahun 2009 yang mengamanahkan empat hal, yaitu;

1. Keputusan penetapan lokasi. 
2. Rencana induk bandara; bukti penguasaan tanah.
3. Dokumen rancangan teknis bandara yang meliputi rancangan awal dan rancangan teknis terinci sesuai dengan standar yang berlaku.

4. Studi analisis mengenai dampak lingkungan yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang.

"Bagi saya Polman jauh lebih baik fokus memperbaiki infrastruktur di wilayah pegunungan dan pengentasan kemiskinan yang menurut saya masih sangat memprihatinkan," jelasnya. 

  • 467 Dibaca