Pemda Polman Diminta Serius Tangani Covid-19

  • 26-03-2020

Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Direktur Rumah Toleransi Sulawesi Barat, Subhan Saleh meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten  Polewali Mandar (Polman) serius menangani penyebaran virus corona atau Covid-19.

Pasalnya, sejauh pengamatan Subhan, Pemda Polman saat ini hanya terlihat bersiap siaga di perbatasan. Sementara himbauan dan sosialisasi ke masyarakat bawah belum terdengar secara massif.

Demikian pula, penggunaan anggaran penanganan covid-19 di setiap Puskesmas kecamatan juga belum terdengar. Padahal puskesmas kecamatan saat ini sedang bergerak menjadi tim tanggap dalam memantau dan mencegah penyebaran Covid-19.

Menurutnya, di tegah kondisi seperti itu, seharusnya sudah ada himbauan dan Juknis dari pemerintah soal penggunaan anggaran menghadapi covid 19 ini.

Setidaknya anggaran dan desa bisa digunakan. Apalagi sudah ada himbauan dari Kementrian. Bahkan presiden RI pun, katanya sudah menyampaikan hal serupa.

“Tadi di desa, kami sudah menyampaikan dan meminta anggaran itu ke kepala desa. Setidaknya anggaran itu bisa digunakan untuk membantu pihak Puskesmas yang ikut serta menangani penyebaran Covid-19,” katanya, Kamis, 25 Maret 2020.

Subhan meminta agar pemerintah serius soal penganggaran. Sehingga, pihak medis dan tim tanggap siaga yang sudah terbentuk di beberapa kecamatan dan desa bisa bekerja secara maksimal di lapangan.

 “Makanya itu, regulasi tentang penggunaan anggaran desa itu diharapkan segera turun,” tegasnya.

Baca juga: Covid-19 Kian Mengganas, Pemprov Sulbar Diminta Perketat Pengawasan

Selain itu, karena wabah Covid-19 ini adalah persoalan serius, maka pemerintah juga diminta agar sebisa mungkin memanfaatkan anggaran Dinas Sosial dan penanggulangan bencana untuk difokuskan pada penanganan Covid-19.

 “Setiap Dinas biasanya ada dana tak terduga, dan itu bisa digunakan,” jelasnya.

Post Tags:

polman