Pemkab Polman Sosialisasi Pencegahan Pungli


Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar (Polman) gelar sosialisasi Pencegahan Pungutan Liar (Pungli), Selasa, 14 November 2017.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Polman ini, dihadiri seluruh jajaran Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD).

Wakapolres Polman, Askar Mappe yang juga saat ini menjabat sebagai Ketua Tim Cyber Pungli mengatakan,  sosialisasi pencegahan Pungli tersebut merupakan langkah awal untuk mencegah agar instansi pemerintah tidak terlibat dalam praktik Pungli.  

Meski sejauh ini, kata Askar belum ada temuan pemerintah setempat melakukan Pungli, namun untuk oknum Anggota Polres Polman sudah ada dua kasus.

"Yang kita tindaki ini dari anggota kami dua orang yang bertugas sebagai petugas lalulintas," katanya dalam pertemuan sosialisasi tersebut. 

Menurutnya, kedua anggotanya tersebut sudah diberikan sanksi berupa sanksi disiplin dan larangan mengikuti pendidikan selama satu tahun.

Askar mengatakan, masyarakat wajib melaporkan kepada pihak Kepolisian jika menemukan Pungli yang tidak sesuai dengan aturan. 

"Jika masyarakat menemukan pungli maka sudah seharusnya untuk melaporkan, tanpa takut akan ancaman karena kita punya Undang-undang perlindungan saksi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Intel Kejaksaan Negeri Polman, M.Subhan mengaku siap melakukan tindakan jika ada temuan Pungli di wilayah tersebut, hanya saja prosesnya harus melalui penyidik.

"Yang jelas kami siap melakukan penuntutan, namun kembali lagi yang berwenang melakukan penyidikan ialah pihak Kepolisian, dan masasalah hukuman tergantung tingkat pelanggaran punglinya," tutupnya.

  • 79 Dibaca