Pengurus NU Gorontalo Kerahkan Ribuan Massa Peringati HSN


Seputarsulawesi.com, Gorontalo- Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Gorontalo mengerahkan ribuan massa (jamaah NU) untuk hadir dalam peringatan Hari Santri Nasional (HSN), Sabtu lalu, 22 Oktober 2017.

Untuk memeriahkan HSN tersebut, PWNU Gorontalo bersama Pengurus Cabang Nahdlatu Ulama (PCNU) Kabupaten Pahuwoto serta sejumlah lembaga dan Banom NU menggelar apel santri dan shalawat nariyah di Kota Marisa, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo.

Agenda yang dihelat pada pagi hari ini diikuti tiga ribu warga dari berbagai daerah di Provinsi Gorontalo. Sementara, apel santri dilaksanakan di halaman Polres Pohuwato, dan Shalawat Nariyah dipusatkan di masjid Baiturahim, Kota Marisa.

Sekretaris Tanfidziah PWNU Provinsi Gorontalo, Kyai Arianto Mopangga, S.Ag mengatakan, HSN merupakan hari yang sakral, khususnya bagi para santri, kyai, ustad dan seluruh keluarga besar NU.

"Peringatan ini sekaligus mengingatkan kita pada sejarah, bahwasanya kemerdekaan bangsa ini tidak lepas dari peran ulama dan santri. Sejak zaman penjajahan hingga kini, peran santri cukup besar," ujarnya.

Selaku Pelaksana kegiatan, Ketua PCNU Kabupaten Pohuwato, KH. Daiman Ali menyampaikan bahwa, pelaksanaan peringatan HSN 2017 merupakan momentum bersejarah para ulama dan santri di masa lalu.

“Hari Santri Nasional diperingati sebagai bukti pengakuan negara atas jasa para ulama, dan santri dalam perjuangan kemerdekaan”, katannya.

Kyai Firman Ikhwan, Selaku Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pohuwato mengatakan, pelaksanaan Hari Santri merupakan wujud kepedulian NU terhadap  para santri dan terkhusus di Gorontalo.

“Kami berharap, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif kepada para santri. Sembari mengingatakan kepada kita bahwa ulama dan santri adalah bagian terpenting dari proses bangsa ini,” Paparnya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Ketua PBNU, Dr. KH. Muhammad Salim Al-Jufri, Ketua PCINU Maroko, Gus Anis Nawawi, Pengasuh Ponpes Salafiyah Safiiyyah, KH. Gofur Nawawi, Kapolres Pohuwato, Ketua DPRD dan sejumlah SKPD dilingkungan Pemda Pohuwato.

Laporan: Djemi Radji

(Koordinator GUSDURIan Kota Gorontalo)


 

  • 208 Dibaca