Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia Himbau Masyarakat Waspada Penyakit Pasca Bencana


Seputarsulawesi.com, Jakarta,- Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia menghimbau masyarakat untuk waspada penyakit pasca bencana. Melihat di akhir tahun 2017 Indonesia dirudung banyak bencana. Dari erupsi Gunung Agung di Bali dan banjir di beberapa tempat di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sekretaris Perhimpunan Dokter Emergency Indonesia, Rosita Rivai mengatakan masyarakat agar siap siaga bencana ataupun efek pasca bencana.

“Pasca bencana itu sulitnya karena bantuan sudah berkurang sehingga masyarakat harus mandiri dengan perubahan lingkungannya,” kata Rosita Rivai melalui rilis yang dikirim ke redaksi Seputarsulawesi.com, Senin 4 Desember 2017.

Lebih lanjut dokter yang pernah ditugaskan di Rohingya ini mengatakan kedepannya di Indonesia akan banyak bencana yang akan terjadi. Sehingga kewaspadaan masyarakat dibutuhkan untuk mengantisipasi yang terjadi jika bencana meninmpa.

“Perlu juga diwaspadai penyakit yang terkait dari bencana tersebut,” tambahnya.

Ia mencontohkan di Bali, penyakit yang harus diwaspadai adalah gangguan ISPA.

“Salah satu yang disalah artikan yaitu, ketika erupsi, masyarakat harusnya berada di dalam ruangan. Karena kalau di luar ruangan kita dapat terkena abu erupsi. Berbeda dengan gempa,” tutur General Manager Dompet Dhuafa ini.

Ia juga menambahkan kalau banjir yang diwaspadai itu, penyakit yang diakibatkan oleh pasca banjir itu.
 
“Pasca banjir yang harus diwaspadai adalah penyakit diare dan penyakit kulit. Ini disebabkan karena sanitasi yang bermasalah. Maka dari itu membersihkan lingkungan setelah banjir perlu dilakukan,” jelasnya.

  • 27 Dibaca