Perkenalkan Budaya Mandar, AIM: Festival Budaya akan Rutin Digelar di Polman


Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Bupati Polewali Mandar (Polman) Andi Ibrahim Masdar (AIM) mengatakan, festival budaya akan rutin dilaksanakan setiap tahun di Kabupaten Polman. Kegiatan tersebut, selain bertujuan untuk melestarikan budayaan Mandar, juga sekaligus untuk memperkenalkan budaya Mandar ke masyarakat luas.

"Terlepas siapa nantinya yang menjadi Bupati Polman, yang jelas kegiatan ini tidak boleh dihilangkan. Mengenai waktu pelaksanaan, akan disesuaikan dengan kondisi yang ada," kata Bupati Polman saat perayaan hari jadi Polman yang sekaligus dirangkaikan dengan festival budaya di Sport Center, Polewali, Senin 4 Desember 2017.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa AIM ini, juga berencana akan memasukan mata pelajaran bahasa Mandar ke sekolah-sekolah. 

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana kegiatan, Parial Patajangi mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama empat hari itu, dipusatkan di tiga tempat, yaitu, Alun-alun Polman, lapangan Pancasila dan Gedung Gabungan Dinas (Gadis).

Selain lomba permainan tadisional, peragaan busana, lagu khas Mandar dan tarian juga diperlombakan dalam kegiatan festival budaya ini, dan setiap kecamatan di wilayah tersebut diwajibkan mengutus perwakilannya untuk mengikuti lomba itu.

"Kegiatan dimulai sejak tanggal 4 hingga 8 Desember mendatang. Anggaran yang digunakan bersumber dari APBD tahun 2017," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Polman ini.

  • 131 Dibaca