Pernikahan Dini di Lampa Mapilli Sudah Sesuai Aturan


Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Pernikahan dini yang terjadi di Lampa, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polman dan sempat menjadi perbincangan berbagai kalangan di media sosial, dinilai sudah sesuai aturan yang berlaku. 

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulbar, H. Muhdin menyebutkan, semua dokumen dan syarat utama serta syarat tambahan dari pernikahan kedua pasangan tersebut sudah terpenuhi, termasuk kedua mempelai mempunyai amar penetapan izin dispensasi perkawinan dari pengadilan agama Polewali. 

"Pesan itu dari pak Khalik, KUA Mapilli satelah saya minta konfirmasi," kata Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, H. Muhiddin, Minggu 26 November 2017.

Sekadar diketahui, kedua pengatin di bawah umur ini bernama Arling (mempelai laki-laki) dan Andiri (mempelai Perempuan). Kedua pasangan yang masih berusia 16 tahun ini sepakat mengakhiri masa lajangnya dengan mahar dua buah cincin emas.

Keduanya resmi menikah, siang tadi, Minggu 26 November 2017 di Lampa, Kelurahan Mapilli, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polman.

Pengawasan pernikahan kedua mempelai ini dihadiri Penghulu Mapilli, Fajruddin Mansyur dan langsung menyerahkan kutipan akta nikah. 

Adapun yang menikahkan kedua pasangan itu, yaitu Khalid Rasyid atas dasar wali menyerahkan, dan saksi nikah, Usman, Kepala Dusun Lampa dan Ramlan paman kandung pengantin perempuan. Sementara wali nikah ayah kandung atas nama Ridwan Parewa.

"Kalau kita perhatikan dasar undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang pernikahan, sudah memenuhi syarat karena ada surat putusan dari pegadilan agama Polewali tentang dispensasi berdasarkan Pasal 1 ayat 2," jelas Muhdin.

Tag :

polman
  • 923 Dibaca