Peserta Jambore Kwartir Wonomulyo Kunjungi Rumah Penyu di Mampie


Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Peserta Jambore Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Wonomulyo mengunjungi Rumah Penyu di Dusun Mampie, Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Rabu 13 Desember 2017.

Kunjungan tersebut, selain untuk mengenal lebih dalam tentang biota laut, juga untuk mempelajari konservasi Penyu yang telah dilindungi oleh Pemerintah setempat. 

"Kita mengajak siswa sebayak 300 orang selama tiga hari pelaksanaan kegiatan, dan siswa yang diajak lebih spesifiknya berada dikisaran umur sembilan sampai 11 tahun," ujar Sekertaris Panitia Jambore, Hardiansyah.

Menurutnya, kegiatan tersebut akan rutin dilakukan, karena selain punya muatan pendidikan, juga peserta diharapkan bisa lebih mencintai lingkungannya.

Baca juga:

Sementara itu, di lokasi kunjungan, peserta Jambore yang terdiri dari siswa sekolah dasar dan menengah pertama itu, nampak terlihat serius mendengar materi yang disampaikan oleh Ketua Sahabat Penyu, Muahammad Yusri. 

Selain mendengar materi, mereka juga diajak untuk melihat langsung lokasi pendaratan Penyu bertelur, serta diajarkan bagaimana cara melestarikannya.

Muhammad Yusri merasa senang bisa berbagi pengetahuan, khususnya kepada peserta perkemahan Jambore. Selain itu, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia yang telah bersedia menjadikan Rumah Penyu sebagai salah satu tempat belajar.

"Saya berharap, semoga kedepannya semakin banyak yang peduli terhadap pelestarian Penyu dan peduli terhadap lingkungan yang ada di Polman, khususnya di pantai Mampie," katanya di hadapan peserta.

Seorang siswa kelas enam yang berasal dari SDN 042 Kanreapi, Hikmah merasa bersyukur bisa mengunjungi tempat penangkaran penyu tersebut. 

Menurutnya, kegiatan yang diikutinya itu sangat bermanfaat baginya karena bisa menambah pengetahuannya tentang Penyu dan biota laut.

"Tadi saya diajarkan bagaimana menjaga kelestarian Penyu supaya tidak punah, serta proses perkembangbiakannay," ungkapnya.

Tag :

wonomulyo
  • 280 Dibaca