Peserta Madrasah Literasi LTNU Kunjungi Kantor Harian Fajar

  • 14-03-2020

Seputrasulawesi.com, Makassar-  Puluhan peserta Madrasah Literasi Lajnah Ta'lif wan Nasyr Nahlatul Ulama (LTNU) Sulawesi Selatan menggelar kunjungan ke Kantor Harian Fajar, Sabtu sore, 14 Maret 2020.

Dalam kunjungan tersebut, mereka didampingi sejumlah pengurus LTNU Sulsel, diantaranya, Syamsurijal Ad'han, Mardiana Rusli, Suaib Amin Prawono, Iqbal Arsyad, dan Andi Ilham Badawi.

Kunjungan media ini adalah bagian dari sesi akhir setelah peserta mengikuti kegiatan in class selam dua hari di Balai Latihan Kerja (BLK) Makassar, 13-14 Maret 2020.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memotivasi semangat peserta agar bisa lebih kreatif dan produktif. "Dengan adanya kunjungan ini, kita berharap peserta bisa lebih termotivasi menciptakan berita-berita positif dan mencerahkan," papar Mardiana Rusli, di ruang redaksi Harian Fajar.

Sementara itu, Syamsurijal Ad'han, Ketua LTNU Sulsel menambahkan, kunjungan media itu sekaligus sebagai wahana belajar bersama, salah satunya adalah bagaimana meciptakan tulisan-tulisan renyah dan mudah dibaca, khususnya bagi kalangan anak-anak milenial.

"Kami ingin belajar bagaimana cara menulis renyah, karena itu kita datang ke Fajar untuk belajar. Kita tahu Fajar punya pengalaman menyapa publik cukup lama," katanya.

Syamsurijal juga menyampaikan kekhawatir tentang menjamurnya media-media intoleran dan tersebar diberbagai jejaring media sosial serta tidak jarangan menggunakan isu-isu dan sentiment keagamaan.

Ijal mencontohkan kasus yang menimpa Dania yang memilih hijrah ke Syiriah dan bergabung ke ISIS karena terpengaruh informasi-informasi media. Fenomena itulah, katanya yang ingin dicounter lewat pelatihan madrasah literasi itu.

"Kita ingin mengcounter dengan menggunakan narasi-narasi renyah, tentunya dengan tidak mengabaikan nilai-nilai Islam ramah di dalamnya," papar pria yang akrab disapa Ijal ini.

Selain itu, Ijal juga meyampaikan bahwa kegiatan madrasah literasi itu, untuk sementara adalah kegiatan terakhir. Katanya, LTNU tidak akan berkegiatan setelah itu, hingga ada informasi soal virus korona meredah.

Dalam kujungan ini, peserta madrasah litersi diterimah langsung oleh Ilham Wasir, redaktur Harian Fajar. Di kesempatan tersebut, Ilham bersama rekannya berbagi pengalaman ke peserta. Keduanya bercerita tentang cara kerja media, kode etik, dan teknik peliputan.

Post Tags:

NU