Pilkades Serentak di Polman Dipastikan Terlakasana Tahun 2018


Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sakinah mengaku akan mengupayakan Pilkada Desa (Pilkades) terlaksana di pertengahan tahun 2018 mendatang. 

Menurutnya, tertundanya pelaksanaan Pikades serentak di tahun 2017 ini, disebabkan karena anggaran dan beberapa Peraturan Daerah (Perda) masih dalam tahap revisi. 

"Pilkades hampir dipastikan terlaksana di tahun 2018 mendatang, mengingat instruksi presiden yang isinya menyebutkan bahwa seorang Pelaksana Tugas (PLT) tidak diperbolehkan mengelola Alokasi Dana Desa (ADD)," katanya saat hadir di acara Fokus Group Diskusi (FGD) yang diselenggarakan oleh DPD PAN Polman, Jumat, 17 November 2017.

Sakinah mengatakan, pelaksanaan Pilakades di pertengahan tahun 2018 itu akan diikuti sebanyak 42 desa di Kabupaten Polewali Mandar. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Darwis, Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Polman. Ia mengatakan, penundaan Pilkades di Polman karena terbentur persoalan aturan dan anggaran. 

Meski demikian, pihaknya mengaku telah mendesak DPMD untuk agar segera melaksanakan Pilkades di tahun 2018 mendatang.

"Pilkades harus bisa dipastikan terlaksana di tahun 2018 mendatang," tegasnya. 

  • 102 Dibaca