Ratusan Mahasiswa IAI DDI Polman Study Tour di Sulsel


Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Sekitar 200 Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah  (PGMI) Institut Agama Islam (IAI) Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Polewali Mandar melakukan study tour ke sejumlah tempat wisata di Sulawesi Selatan.

Study tour yang dilakukan selama enam hari itu, diikuti oleh Mahasiswa semester lima. Mereka mengunjungi tempat wisata seperti Bantimurung di Kabupaten Maros, Pantai Losari Makassar, dan kawasan hutan pinus di Malino Kabupaten Gowa dengan menggunakan empat bus milik Biro Perjalanan Umum Polewali Mandar dan Pinrang. 

Selama perjalanan, mereka didampingi didampingi empat dosen, yaitu Dosen Biologi, Irfan Kurniawan, Tasmia Tawilong, Usman dan Dosen Senior bernama Jaelani Kunni. Ke empat dosen ini terus mendampingi mahasiswa, karena study tour ini sekaligus dirangkaikan dengan bakti sosial di lokasi kunjungan.

"Kami tinggalkan kampus pada tanggal 15 Nopember, dan kembali pada tanggal 20 November 2017," ujar Aslina, salah seorang Mahasiswa PGMI. 

Menurutnya, program tersebut sangat memberi manfaat, karena  selain menambah pengalaman mahasiswa, juga menambah pengetahuan mereka. Selama perjalanan, Aslina mengaku banyak menemukan hal-hal baru, khususnya yang berkaitan dengan mata kuliah Biologi.

Sementara itu, Irfan Kurniawan yang juga sekaligus Koordinator Dosen pembimbing mengatakan, tujuan dilaksanakannya study tour itu untuk  mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah, khususnya yang terkait materi pembelajaran IPA. 

"Dengan adanya study tour itu, mahasiswa lebih bisa memahami teori-teori yang selama ini dipelajari di bangku kuliah," ujar Irfan.

Selain itu, kata Irfan, study tour itu juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai metode karya wisata, serta mendorong terbentuknya sikap ilmiah pada mahasiswa dengan melakukan keterampilan proses dan meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran IPA,  khususnya  pada materi Biologi.

"Demikian juga, dengan adanya study tour ini, mahasiswa bisa mempraktekkan pross pembelajaran dengan metode belajar inkuiri, keterampilan proses, metode pembelajaran konstruktivisme, dan Metode pembelajaran interaktif dengan dosen pendamping," jelasnya. 

Tag :

polman
  • 172 Dibaca