Robot humanoid YuMi memimpin Lucca Philharmonic Orchestra membawakan sebuah konser bersama dengan penyanyi tenor Italia Andrea Bocelli di Verdi Theatre di Pisa, Italia, Selasa (12/9/2017). (REUTERS/Remo Casilli/cfo/17)

Robot Yumi Kolaborasi Dengan Orkestra Italia


Seputarsulawesi.com, Makassar- Robot humanoid YuMi berkolaborasi dengan Lucca Philharmonic Orchestra yang melakukan konser bersama penyanyi Italia Andrea Bocelli di Teater Verdi di Pisa, Italia, Selasa, 12 September 2017.

Melansir reuters, robot yang dirancang oleh perusahaan Swiss ABB, memulai debutnya di Teater Verdi Pisa untuk menandai Festival Internasional Robotika Pertama di kota Tuscan.

"Kami pada dasarnya harus mencari waktu untuk memahami gerakannya. Ketika kami menemukan jalannya, semuanya mudah, " kata konduktor orkestra, Andrea Colombini.

"Ini benar-benar fantastis. Dan para teknisi itu fantastis untuk membuat segalanya sempurna, terutama dalam gestur dan kecepatan gerak, yang sangat penting," tambahnya.

YuMi, yang namanya berasal dari ungkapan 'you and me', semua gerakannya diajarkan oleh Colombini, yang memegangi tangannya pada saat latihan, sehingga komputer bisa mengingat isyarat yang benar.

Robot tersebut menjadi konduktor dalam tiga dari 18 penampilan yang dilakukan pada Selasa malam, termasuk aria La Donna e 'Mobile yang terkenal, dari opera Verdi Rigoletto.

Tag :

nasional
  • 73 Dibaca