Gambar: sampah di Jalan Martadinata, Kelurahan Simboro, Kabupaten Mamuju

Sampah Berserakan di Jalan Martadinata, Program Mamuju Mapaccing Dipertanyakan


Seputarsulawesi.com, Mamuju- Sampah yang berserakan di Jalan Martadinata, Kelurahan Simboro, Kabupaten Mamuju menjadi keluhan dan sekaligus sorotan warga setempat. Pasalnya sampah yang berserakan di jalan utama menuju pelabuhan Veri itu, dinilai "menodai" program Mamuju Mapaccing (Mamuju Bersih) yang telah dicanangkan oleh Pemerintah setempat.

"Bukan masyarakat di sini yang buang sampah disitu pak, tapi sering ada orang datang kalau malam pake motor, biasa juga pake mobil buang sampahnya disitu," tutur Syarif, salah seorang warga yang bermukim disekitar Jalan Martadinata, Kamis 22 November 2017.

Syarif mengatakan, jika sampah yang berserahkan di jalan-jalan utama Kota Mamuju tidak segera diatasi, maka program "Mamuju Mapaccing" yang dicanangkan Bupati Mamuju tidak berhasil.

Olehnya itu, selaku warga setempat, Syarif meminta agar dinas terkait segara mencari solusi dari permasalahan tersebut, agar warga dan pengguna jalan yang melintas di area itu tidak terganggu dengan bau-bau tak sedap.

Samsul, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mamuju saat dihubungi Seputarsulawesi.com membenarkan kejadian itu. Samsul mengatakan, lokasi pembuangan sampah itu ilegal.

"Di situ memang pembuangan sampah ilegal, nanti sampahnya dibuang kalau malam, siang hari tidak ada. Tapi setiap pagi kami tetap bersihkan tempat itu," katanya. 

Tak hanya itu, Samsul juga membenarkan bahwa warga di luar Kelurahan Simboro yang kerap membuang sampah di lokasi itu. Olehnya itu, ia pun menghimbau agar warga Mamuju punya kesadaran untuk membuang sampah di lokasi yang telah ditentukan, bukan di sembarang tempat.

  • 168 Dibaca