Satu Orang Warga Malunda, Majene ODP Covid-19

  • 26-03-2020

Seputarsulawesi.com, Majene- Satu orang warga Malunda di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat masuk kategori Pengawasan (ODP) Covid-19. Warga berinisial DS tersebut tinggal di Desa Maliaya, Kecamatan Malunda.

Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, suhu badan DS mencapai 38,9 derajat celcius. Selain itu, DS juga mengaku demam, batuk-batuk dan sesak napas.

DS dikabarkan tiba di Desa Maliaya, Rabu pagi, 25 Maret 2020, sekitar pukul 06.00. Yang bersangkutan berangkat dari Jakarta-Makassar, dan Makassar-Malunda menggunakan bis angkutan umum.

Diketahui DS yang saat ini tegah menempuh pendidikan di salah satu pesantren di Jakarta Timur itu, sebelumnya dikabarkan telah menderita penyakit tertentu. DS mengaku kembali ke kampung halamannya karena pesantren yang ditempatinya belajar sedang diliburkan.

"Benar itu warga kami. Kami belum bisa memastikan apa dia suspect atau bagaimana, yang jelas DS saat ini tegah di rawat khusus di Puskesmas Malunda," ujar Masri, Kepala Desa Maliaya, Kamis, 26 Maret 2020.

Menurutnya, saat ini DS sementara dalam proses pengawasan. Bahkan dirinya sendiri ikut serta dalam pengawasan tersebut.

"Saya juga sementara di Puskesmas ini, ikut menjaga," katanya lagi.

Selain itu, Masri juga mengabarkan, bahwa saat ini dirinya juga tengah menunggu satu orang warga Maliaya yang baru pulang dari Maluku (Ambon). Sekarang yang bersangkutan sedang berada di Kota Makassar.

“Malam ini rencananya akan bertolak ke Malunda,” jelasnya.

Meski yang bersangkutan dikabarkan sehat, namun sebagai kepala desa, pihaknya harus bisa bertanggungjawab memastikan kesehatan dan keamanan warganya dengan cara melakukan antisipasi dini. Apalagi Ambon saat ini dikabarkan sudah masuk kategori zona merah Covid-19.

Guna mengantisipasi penyebaran virus corona di desanya. Masri juga mengintenskan himbauan pencegahan lewat masjid-masjid. Penyemprotan Disinfektan ke tempat-tempat umum, serta mendata warga yang baru tiba di Maliaya.

“Kami berharap, pemerintah kabupaten dan provinsi bisa memperketat penjagaan di perbatasan, dan terus melakukan koordinasi dengan aparat desa,” harapnya.

Post Tags:

Majene