Setiap Tahun, Penderita Kanker Payudara Terus Meningkat


Seputarsulawesi.com, Makassar- Ketua Makassar Cancer Care Community (MC3) Dr Nurlinah Zubair, M.Si mengatakan, angka penderita kanker payudara di Indonesia terus mengalami peningkatan dalam setiap tahun. Menurutnya, sekitar 70 persen penderita kanker itu kasusnya stadium lanjut.

"Itu angka statistik, sementara di Jepang hanya 13 persen setiap tahunnya," jelas Nurlinah Zubair saat menyampaikan sambutan di acara Talk Show "Waspada Terhadap Penyakit Tidak Menular" di hotel Arthama baru-baru ini.

Lebih lanjut, survivor kanker payudara ini mengatakan, untuk mencegah angka korban semakin bertambah, maka MC3 secara gencar melakukan sosialisasi penyadaran dan pengenalan kanker kepada masyarakat yang rentan.

Menurutnya, sosialisasi penyakit tidak menular itu sangat penting. Olehnya itu, lewat kegiatan yang bertemakan "Waspada Terhadap Penyakit Tidak Menular, Mitos, Fakta dan Realita Penyakit Kanker pada Perempuan di Kota Makassar" itu, ia menghimbau agar setiap warga yang menjadi peserta di kegiatan tersebut bisa menjadi penyuluh, baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat, guna mencegah peningkatan penyakit kanker tersebut.

Mereka diharap bisa menjelaskan kepada keluarga dan masyarakat tentang pentingnya kesehatan, termasuk kesehatan alat reproduksi perempuan, serta menyarankan kepada mereka yang telah menikah untuk rajin melakukan pap smer (tes pemeriksaan sel-sel kanker di leher rahim dan vagina) serta melakukan vaksinasi servix mulai umur 10 tahun ke atas.

"Vaksin ini dapat mencegah virus HPV yang  menyerang mulut rahim. Masalahnya, vaksin ini belum ditanggung  BPJS sehingga kita harus melakukannya secara mandiri," jelas dosen sosiologi keluarga PPs-UNM ini. 

Tag :

kesehatan
  • 46 Dibaca