Siswa Smansa Wonomulyo Studi Tour ke Toraja Utara


Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Sebanyak 180 siswa kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas Negri Satu (SMANSA) Wonomulyo lakukan  studi tour ke  Toraja Utara. Studi Tour tersebut dilaksanakan pada 9-11 April 2018.  

Siswa kemudian dibagi menjadi menjadi enam Bus dengan rincian 30 Orang setiap bus dan setiap bus didampingi seorang guru pemandu.

Adapun Rute yang dilalui siswa tersebut yakni Enrekang (gunung nona) Toraja Utara (Bori, Kete Kesu, Londa, Lemo). Siswa tersebut kemudian menginap di Wisma Kambuno, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara.

Salah seorang guru pendamping, Irfan Kurniawan yang juga guru mata pelajaran Biologi mengatakan, Metode StudI Tour adalah cara penyajian bahan pelajaran dengan membawa siswa langsung ke obyek yang akan dipelajari di luar kelas

“Study tour bukan sekedar rekreasi, tetapi untuk belajar atau memperdalam pelajarannya dengan melihat kenyataannya. Karena itu dikatakan teknik karya wisata, ialah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau obyek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu seperti meninjau pabrik pertanian, perikanan, mesium, dan sebagainya,” ungkapnya.

Ia juga mengharapkan kepada pendidik agar bisa mengajarkan siswa membuat laporan dan didiskusikan bersama dengan peserta didik yang lain serta didampingi oleh pendidik, yang kemudian dibuatkan buku.

Adapun Tujuan Studi Tour ini Siswa dapat berpartisispasi dalam berbagai kegiatan yang dilakukan oleh para petugas pada obyek Study tour itu, serta mengalami dan menghayati langsung apa pekerjaan mereka. 

"Sehingga kesempatan tersebut dapat mengembangkan bakat khusus atau keterampilan mereka dan Siswa  dapat melihat berbagai kegiatan para petugas secara individu maupun secara kelompok dan dihayati secara langsung yang akan memperdalam dan memperluas pengalaman mereka," katanya lagi.

Menurutnya, lewat kegiatan tersebut siswa juga dapat bertanya jawab, menemukan sumber informasi serta memecahkan segala persoalan yang dihadapi dan mereka pun bisa menemukan bukti kebenaran teorinya dengan cara mencobakan teorinya ke dalam praktek.

Semenntara itu seorang siswa Muhammad Alfandi mengatakan studi tour ini sangat bermanfaat bagi dirinya, karena selain memberikan edukasi langsung mengenai pengamatan tulang manusia, siswa juga bisa menikmati keindahan alam Toraja

Hal senada juga disampaikan oleh Dwi Winarti, menurutnya kegiatan tersebut selain menabah ilmu pengetahuan dalam bidang biologi siswa-siswi juga diajarkan sejarah-sejarah dari beberapa tempat yang dikunjungi serta mempererat silaturahmi sesama siswa dan guru.

  • 705 Dibaca