Somai Gelar Aksi Prakondisi Hari Sumpah Pemuda di Makassar


Seputarsulawesi.com, Makassar- Puluhan aktifis mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Indonesia (Somai) menggelar aksi unjukrasa di Jalan Andi Pangeran Pettarani Makassar, Rabu, 25 Oktober 2017. Aksi tersebut merupakan aksi prakondisi jelang peringatan hari sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 2017. 

Mirwan Syah, Koordinator Lapangan (Korlap) dalam orasinya mengatakan, negara Indonesia harus diselamatkan dari dominasi bangsa asing. Pasal banyak aset-aset negara yang telah dikuasai oleh bangsa asing. 

"Bangsa ini harus diselamatkan dari ambang kehancuran, dimana banyaknya aset negara yang telah dikuasai pihak asing dan aseng," katanya dalam orsinya tersebut.

Lebih lanjut, mahasiswa asal Pekanbaru, Provinsi Riau ini, juga menyinggung beberapa kasus di bangsa ini yang belum selesai secara hukum, diantaranya kasus BLBI, Century, E-KTP dan Rekening gendut Polri. 

Demikian pula, Naiknya Tarif Dasar Listri (TDL), Harga BBM dan Sembako, Reklamasi pantai teluk Jakarta serta ketidakstabilan nilai rupiah dari dollar juga menjadi sorotan dalam orasinya tersebut.  

Selain itu, mereka juga menolak Perpu Ormas dan meminta UUD 1945 Kembalikan tanpa amandemen.

"Tolak pembentukan Densus Polri dan tegakkan pasal 33 UUD 1945 yang kesemuanya itu merupakan tuntutan mahasiswa demi penyelamatan NKRI," ujar Mirwan, Mahasiswa Universitas Islam Riau (Unair) ini. 

Selain berorasi secara bergantian, aktifis Somai juga membentangkan spanduk bertuliskan "Selamatkan NKRI".

Aksi ini yang digelar pada pukul 17.35 selain memacetkan Jalan Andi Pangeran Pettarani Makassar, juga puluhan aktifis Somai sempat bersitegang dengan aparat Kepolisian.

Sekadar diketahui, Somai merupakan gabungan aktifis mahasiswa lintas wilayah, yaitu Makassar, Pekanbaru, dan Kendari.

Laporan: Zulfahri Fahri 

Tag :

demo makassar
  • 107 Dibaca