Caption Foto : Courtesy sawungjabo.blogspot.com

Sosok yang Terlupa Dibalik Lagu Legendaris "Bento"


Seputarsulawesi.com, Makassar - "Namaku Bento, rumah real estate, mobilku banyak, harta melimpah. Orang memanggilku, bos eksekutif, tokoh papan atas, atas segalanya, asik!". Begitulah potongan lirik lagu legendaris yang kerap dibawakan Iwan Fals ditiap konser, yang nyaris tak lekang di makan zaman.

Namun, barang kali tidak banyak yang tahu. Di balik kesuksesan lagu legendaris "Bento" yang dirilis pada awal April 1989, ada sosok musisi bertangan dingin yang nyaris dilupakan. Dialah Naniel Chusnul Yakin, yang bersama Iwan Fals kala itu berhasil mengemas lirik bernada kritis, hingga masuk sepuluh besar lagu terbaik sepanjang masa versi Majalah Rolling Stone edisi 56 terbitan Desember 2009.

Lagu Bento sendiri ada di dalam album SWAMI tahun 1989. Kala itu Naniel yang masih berlatar seorang wartawan, memegang peran sebagai pemain flute, vokal, dan vokal latar dalam grup band bernama sama dengan albumnya, SWAMI. Bersama dengan Iwan Fals dan Sawung Jabo serta tambahan personil dari grup milik Sawung Jabo, terbentuklah band anyar tersebut.

"Lirik “BENTO” itu aslinya, dibuat dan dikarang oleh Iwan Fals dan Naniel, di saat mereka berdua “frustrasi” setelah konsernya (Konser Iwan Fals 100 Kota, red) dibatalkan," terang Yosef Erwiantoro wartawan senior yang melakukan investigasi dalam keterangannya di suaramerdeka.com April 2016 lalu.  

Kembali ke sosok Naniel, dari berbagai informasi yang dihimpun, kondisi Naniel saat ini tidak sejalan dengan kuatnya lirik dari tembang Bento yang Ia ciptakan.
Setelah sempat jatuh hingga akhirnya mengalami patah tulang di bagian kaki, kini waktunya lebih banyak dia habiskan duduk di kursi roda di tempat tingga miliknya di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Dituturkan pula oleh Istri Naniel, Nini Widowati bahwa Naniel bahkan sempat bermukim di Surabaya. Di sana ia tinggal di sebuah kamar kos relatif sederhana bersama anak keduanya.

*diolah dari berbagai sumber

(R.Kottir)

Tag :

  • 615 Dibaca