Tak Sempat Salat Gerhana, Bersedekahlah


Oleh: Kiai Mahmud Suyuti
(Ketua MATAN Sulsel)

Salat gerhana bulan (Salat Khusuf) untuk zona wantu Indonesia tengah (WITA) dilaksanakan hari ini, Rabu, 31 Januari 2018, tepatnya malam nanti, magrib-isya, pukul 19.40 WITA dengan batas waktu sekitar 22.11 WITA, bisa molor hingga sebelum pukul 00.00 WITA.

Saat gerhana bulan (khusuf/الخسوف) atau jika gerhana matahari (kusuf/الكسوف) dianjurkan untuk Salat gerhana. Anjuran tersebut adalah sunnah muakkad (penting) bahkan sebafian ulama menyatakan wajib.

Hadis,

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا ، وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

”Sungguhnya matahari dan bulan, dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana tersebut tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal itu maka berdoalah, bertakbirlah, kerjakan Salat dan bersedekahlah.(HR Bukhari/1043)

Namun (kemungkinan) nanti ada saja di antara kita yang tidak sempat Salat gerhana dengan alasan masyaqqah, sesuatu yang sangat menghalangi sehingga tidak berkesempatan seperti yang musafir, dalam perjalanan apalagi mereka yang menumpangi pesawat. Atau karena sakit, termasuk karena lupa.

Karena mungkin tidak sempat maka sangat dianjurkan bersedekah dalam konteks dalil  صدقة / shadaqah. Demikian yang dipahami dari interpretasi rujukan syarah hadis disebutksn di atas karena klausa terakhir disebut وتصدقوا (watashaddaquu/bersedekahla). Ini alternatif terakhir.

Sedekah/shadaqah adalah memberikan sesuatu kepada kaum dhua'fa, diutamakan dana/harta/uang atau bantuan material lainnya. Lagi-lagi karena (mungkin) tidak semua kita mampu bersedekah secara materi maka tetap ada lagi alternatif lain, yakni sedekah dalam bentuk lain, non material.

Sedekah non materil sesuai dalil-dalil yang ditemukan antara lain, terseyum atau berwajah ceriah-menyenangkan sesama. Bertutur kata yang baik-santun dalam berbicara. Membantu atau menolong antar sesama dengan tenaga.

Termasuk sedekah adalah mendamaikan yang bertikai-bermusuhan, istilah lain baku bombe (Bugis/Makassar). Demikian juga sedekah adalah meyingkirkan duri dari jalan atau segala yang bisa menyebabkan kecelakaan di jalanan kecuali mungkin polisi tidur tidak termasuk.

Wallahul Muwaffiq

  • 351 Dibaca