Tangkal Berita Hoax, UPRI Makassar Bersama RRI Gelar Dialog Kebangsaan


Seputarsulawesi.com Makassar - Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) Makassar bekerjasama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Makassar menggelar Dialog Kebangsaan dengan mengangkat tema "Dengan Semangat Kepahlawanan, Kita Bangun Jiwa Nasionalisme Pemuda Dalam Menangkal Hoax". Kegiatan tersebut dihelat di Aula Fakultas Teknik UPRI Makassar Jl. Nipa-Nipa Lama, Kamis, 9 November 2017. 

Kegiatan yang dirancang dalam program Goes to Campus sebagai upaya pihak Civitas Akademik UPRI Makassar untuk menangkal berita dan informasi hoax yang terjadi khususnya dalam lingkup Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). 

Rektor UPRI Makassar, Hj. Andi Niniek Fariati Lantara mengatakan, pemuda dan mahasiswa harus ambil bagian dalam membangun karakter masyarakat Indonesia. 

“Kepeloporan pemuda dalam membangun bangsa ini harus bisa tampil dan memiliki semangat untuk membangun bangsa," kata Hj. Andi Niniek Fariati.

"Pemuda dan mahasiswa adalah pemilik sekaligus pelaku pembangunan masa sekarang untuk masa depan bangsa sehingga jangan mudah menerima informasi yang segampang itu apalagi informasi yang mengandung unsur perpecahan," ujarnya. 

Baca berita sebelumnya: Besok UPRI Makassar Gelar Dialog Kebangsaan di Aula Fakultas Teknik

Sementara itu, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat UPRI Makassar, Arlin Adam mengungkapkan, penyebaran berita dan informasi hoax kini tengah menjadi persoalan yang cukup serius di Indonesia

"Ideologi pragmatisme para pemuda khususnya mahasiswa yang sangat mudah menerima berita atau informasi-informasi yang sifatnya hoax karena sulit membedakan yang mana berita benar dan yang mana berita bohong," terang Arlin Adam saat menjadi narasumber pada kegiatan tersebut.  

Selain Dialog Kebangsaan, Civitas Akademik UPRI Makassar juga menggelar Pelantikan Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara Universitas Pejuang RI Makasssar yang akan menjadi wadah pembudayaan nilai-nilai pancasila kepada seluruh Civitas Akademik dan media internalisasi sikap kerelawanan dan kekokohan dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Tag :

upri
  • 60 Dibaca