Staf Sekertariat KPU Sulsel persiapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada 2018

Target 1 Juta Pemilih, KPU Sulsel Kerahkan Seluruh Staf dalam Persiapan Coklit


Seputarsulawesi.com, Makassar,- Komisi pemilihan umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan mulai mempersiapkan sejumlah agenda kegiatan jelang  melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada 2018 secara serentak yang berlangsung 20 Januari 2018.

Tahapan persiapan diantaranya, sosialisasai media massa dan media sosial, melakukan pendataan pemilih potensial, bimbingan tehnis penyelenggara adhoc PPK,PPS dan Pemutas pemutahiran data pemilih (PPDP)  dan simulasi pada seluruh komisioner dan tata cara mengisi formulir pelaksanaan coklit.

Komisioner divisi Perencanaan dan Data KPU Sulsel, Mardiana Rusli mengatakan dalam pelaksanaan coklit seluruh komisioner dan staf sekterariat hingga penyelenggara ad hoc, dimaksimalkan untuk turun coklit perdana. Targetnya 2.190 rumah yang akan dikunjungi secara door to door. Setiap orang baik komisioner, staf sekretariat maupun penyelenggara mendatangi lima rumah dalam sehari.

“Gerakan ini mendorong kerlibatan seluruh stakehorder, tujuannya agar masyarakat lebih aktif dalam pendataan. Bukan hanya soal penyelenggaran tetapi partisipasi publik di awal pendataan akan menentukan kualitas data pemilih," kata Ana Rusli, Jum'at 12 Januari 2018.  

Secara keseluruhan sebanyak 448 orang staf organik, PPK 1.535,PPS  9.0141 dan PPDP 21.209  akan turun. Mereka akan mendatangi  rumah-rumah pemilih potensial yang telah dilisting dalam daftar. Pilihan pemilih potensial diantaranya, tokoh masyarakat,  bakal pasangan calon, artis, tokoh inspirasi dan pemilih pemula.

"Tujuannya, pemilih potensial ini akan membantu KPU dalam memviralkan infrormasi tentang coklit perdana pada 20 Januari 2018 mendatang." Tambah Ana Rusli.

  • 42 Dibaca