Tetapkan RKPDesa, Pemdes Tupabbiring Gelar Musrembang


Seputarsulawesi.com, Maros- Pemerintah Desa (Pemdes) Tupabbiring menggelar Musyawarah Desa Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembang) untuk menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) TA. 2018 di Aula Kantor Desa Tupabbiring, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Senin 04 Desember 2017.

Kepala Desa Tupabbiring, Mulyadi dalam sambutannya mengapresiasi kinerja Tim penyusun Rencana Kerja RKPDesa Tahun Anggaran 2018 yang telah berhasil menyelesaikan Dokumen RKPDesa yang sebentar lagi akan ditetapkan dan sahkan dalam bentuk Peraturan Desa (Perdes). 

"Agenda utama kita hari sesungguhnya hanya dua, pertama penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) TA. 2018 Desa Tupabbiring, dan yang kedua adalah penetapan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (DU RKPDesa) TA. 2019," katanya dalam sambutannya tersebut. 

Mulyadi menegaskan, Peraturan Desa RKPDesa TA. 2018 akan menjadi dasar dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa). Olehnya itu, pihaknya selaku Kepala Desa Tupabbiring berharap agar tata kelola pemerintahan desa ditahun Anggaran yang akan datang bisa lebih ditingkatkan transparansinya.

Ketua Badan Permusyawaran Desa (BPD), Abdul Muis dalam sambutannya menegaskan bahwa Musrembang adalah musyawarah desa tahunan yang harus dihadiri oleh seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder yang ada didesa.

Penetapan dokumen RKPDesa TA. 2018, menurutnya, menjadi Peraturan Desa RKPDesa harus mengacu pada Peraturan Desa (Perdes) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) Desa Tupabbiring.

Muis juga menghimbau agar masyarakat meningkatkan peran aktifnya dalam pembangunan desa dan menjalankan fungsi pengawasan seluruh kegiatan desa yang menggunakan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Hal yang sama juga dikemukakan oleh Pendamping Desa Kecamatan Bontoa, Amiruddin Talli, ia mengatakan prioritas penggunaan Dana Desa untuk Tahun Anggaran 2018 harus mengacu pada Peraturan Kementerian Desa (Permendesa) Nomor 19 Tahun 2017 tentang prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2018.

Menurutnya, program dan kegiatan yang menjadi prioritas sebagaimana dimaksud dalam Permendesa tersebut antara lain bidang kegiatan Produk Unggulan Desa (Prukades) Bumdesa atau Bumdesa bersama, Embung dan Sarana Olah Raga Desa (Sorga) disesuaikan dengan kewenangan desa.

Tag :

maros
  • 17 Dibaca