Sennahati, S.Sos., M.I.Kom

Tingkatkan Jumlah Mahasiswa, UNC Kerjasama dengan Pemda di Seluruh Indonesia


Seputarsulawesi.com, Makassar- Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM) hingga saat ini masih tetap eksis menjalankan tugas pendidikan sejak berdiri 28 April 1968 lalu. Hal ini terlihat dengan masih adanya minat masyarakat setiap tahun untuk mendaftar menjadi mahasiswa di perguruan tinggi tersebut.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UCM,  Sennahati, S.Sos., M.I.Kom mengatakancivitas akademika kampus mengaku bangga karena UCM masih di kenal luas di masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan adanya mahasiswa berasal dari berbagai daerah, di antaranya dari Papua, Kalimantan dan Plores. 

Menurutnya, kampus tersebut gencar melakukan kerjasama antara pemerintah daerah di seluruh Indonesia guna mempertahankan keberadaan. Salah satunya adalah kerjasama dengan pemerintah Kalimantan Utara. 

"Ini salah satu strategi dan cara meningkatkan jumlah mahasiswa. Pemda Kalimantan Utara kini merealisasikan program Kalimantan Utara (Kaltara) Cerdas," katanya.

"Saya berharap pemerintah daerah dapat merekomendasikan masyarakatnya untuk melanjutkan  pendidikan di UCM," katanya lagi.

Strategi melakukan  kerjasama dengan berbagai daerah di Indonesia itu menghasilkan  peningkatan jumlah mahasiswa,  dari  2016 ke  2017 sekitar 50 persen mengalami peningkatan dari segi jumlah mahasiswa di setiap fakultas.

Tak hanya itu, untuk mendorong minat calon mahasiswa kuliah di UCM, pihak kampus juga terus melakukan pembenahan, diantara meningkatkan akreditasi institusi dan akreditasi prodi.

Fakultas Ilmu Komunikasi, Sennahati, akan melakukan  reakreditasi pada program studi Ilmu Hubungan Masyarakat. Berbagai persiapan  telah dilakukan, salah satunya adalah mempersiapkan visitasi yang ada di borang.

Salah satu  syarat tercapainya akreditasi yang baik adalah melakukan kerjasama antara perguruan tinggi nasional maupun internasional dan berbagai instansi pemerintahan seperti halnya  menjalin kerjasama antara UCM dengan Perpustakaan Nasional.

Selain itu, katanya setiap saat  mengajak para dosen  melakukan  gerakan perubahan buat kampus, khususnya di Fakultas Komunikasi melakukan penelitian  dan pengabdian pada masyarakat.

Hasil penelitian ini diharap dapat memberikan perubahan positif pada masyarakat luas maupun  bagi civitas akademika kampus.  

Laporan: Nirwan
(Mahasiswa Sosiologi Fisip Universitas Sawerigading Makassar)

Tag :

makassar
  • 32 Dibaca