Tingkatkan Kapasitas Aparat Desa, DPMD Mamuju Gelar Pelatihan


Seputarsulawesi.com, Mamuju- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mamuju bekerjasama dengan Lontara Institute menggelar pelatihan administrasi pemerintahan desa di d'MALEO Hotel, Rabu 27 September 2017. 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, diikuti oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara desa dan Kepala Urusan (Kaur) Desa se-Kabupaten Mamuju.

"Peserta pelatihan administrasi pemerintahan desa ini sebanyak 111 orang, dari 50 Desa se-kabupaten Mamuju," kata Muh. Sabir, Ketua Panitia pelaksana kegiatan. 

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kabupaten Mamuju, Artis Effendi dalam sambutannya menyampaikan pentingnya melakukan pelatihan peningkatan kapasitas aparat desa di Kabupaten Mamuju, terlebih di bidang Administrasi. 

“Kalau saya evaluasi laporan editor BPKP, ada sekitar 6 atau 7 laporan, diantaranya terkait pengelolaan dana desa, penyetoran pajak dan kegiatan tidak berdasar pada ketentuan," katanya di hadapan ratusan peserta pelatihan. 

Artis menyimpulkan bahwa permasalahan tersebut terjadi disebabkan karena lemahnya Sumber Daya Manusia (SDM) aparat desa. Olehnya itu, ia mengaku mengapresiasi kegiatan tersebut,  kerena bertujuan untuk meningkatkan kapasitas aparat desa.

Selain itu, Artis juga menceritakan hasil kunjungannya di salah satu desa di Jawa Barat beberapa tahun lalu. Ia mengatakan, di depan Kantor Desa yang sementara proses renovasi tercantum jumlah material bangunan yang digunakan. 

Sementara di depan pintu ruang kerja sekretaris desa terpampang rincian penggunaan dana desa, termasuk rincian pembayaran pesawat telepon.

“Ini menggambarkan transparansi di desa itu sangat luar biasa. Nah itu yang kita harapkan dapat dilakukan oleh desa-desa yang ada di kabupaten mamuju,” katanya.

  • 139 Dibaca