Tingkatkan Pelayanan Publik, Ombudsman Gorontalo Gelar ToT


Seputarsulawesi.com, Gorontalo- Selaku lembaga negara yang mengawasi pelayanan publik, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) terus berupaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dari semua kalangan untuk berperan aktif menunjang pelayanan publik yang efisien.

Untuk mendorang peningkatan pelayanan publik ini, Ombudsman Gorontalo Gelar Training of Trainer (ToT) di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Kamis 23 November 2017.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas  dan membentuk jejaring Sahabat Ombudsman. 

Acara yang dikemas santai ini diikuti  sebanyak 25 peserta dari berbagai kalangan, seperti aktivis organisasi, media, komunitas  dan mahasiswa yang ada di Gorontalo. Mereka diharapkan bisa menjadi sahabat Ombudsman dalam mengawasi pelayanan publik. 

Kepala Ombudsman Gorontalo, Alim Niode dalam acara tersebut menyampaikan hasil survei Ombudsman tentang zonasi kepatuhan terhadap penyelenggaran pelayanan publik di Gorontalo sangat rendah.

Olehnya itu, ia pun berharap perserta ToT yang hadir di kegatan tersebut dapat berpartisipasi aktif untuk melaporkan praktek maladministrasi, pungli dan diskriminasi. 

"Selain itu, para peserta ToT  sebanyak 25 orang itu juga bisa menjadi sahabat yang mengkampanyekan, melapor  jika ada maladministrasi dalam pelayanan publik”, paparnya.

Alim mengatakan, selama ini masyarakat kelas menegah (middel class) kurang proaktif dalam upaya melaporkan praktek maladminstrasi yang terjadi. Padahal laporan dari masayarkat kelas menengah sangat diharapkan dalam upaya peningkatan pelayanan publik.

Laporan; Djemi Radji
Koordinator GUSDURian Gorontalo

Tag :

  • 79 Dibaca