Gambar: ntmpolri.info

Tips Agar Aman dan Nyaman Berkendara di Musim Hujan


Seputarsulawesi.com, Makassar- Musim hujan telah mengguyur sebagian wilayah Indonesia, tak terkecuali di Makassar. Bagi para pengendara, khususnya sepeda motor, musim hujan bisa membuat kendaraan mengalami penurunan performa, sehingga dapat menimbulkan ketidaknyamanan saat berkendara.

Nah, berikut tips dalam mempersiapkan kendaraan saat musim hujan, agar dapat dikendarai dengan aman dan nyaman:

1.   Pastikan Seluruh Lampu Berfungsi

Pastikan bahwa semua lampu berfungsi dengan baik atau menyala. Baik lampu depan, belakang, sein hingga lampu rem. Hal ini sangat penting, mengingat di musim hujan, curah hujan terkadang sangat tinggi sehingga menyebabkan jarang pandang yang terbatas.

Dalam situasi seperti ini, wajib menyalakan lampu untuk memberi tanda kepada pengendara lain. Kalau tidak menyalakan lampu, bisa terjadi kecelakaan mengingat jarak pandang yang sangat terbatas.

2.   Cek Kondisi Ban

Pastikan ban motor memiliki daya cengram yang bagus di jalan basah. Mengingat situasi di jalanan yang licin saat turun hujan. Ketika ban tidak memiliki daya cengkram yang bagus, sangat berbahaya ketika melakukan pengereman mendadak.

3.   Check Busi Beserta Tutupnya

Seringkali pengendara harus menerjang genangan air yang tinggi di jalanan ketika musim hujan seperti ini. Jika kondisi busi motor kita sudah jelek, maka motor akan rawan untuk mogok saat menerjang genangan.

4.   Untuk tipe motor bebek dan sport, wajib hukumnya untuk selalu membersihkan dan melumasi rantai roda.

5.   Chek kondisi rem apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

6.   Pastikan saringan udara tidak kemasukan air ketika menerjang banjir

7.   Tentu yang terakhir, selalu menyiapkan mantel di dalam jok kendaraan. 

  • 61 Dibaca