Ulang Tahun Hari ini, Henry Dunant Bapak Palang Merah Internasional yang Mulai Terlupakan


Seputarsulawesi.com, Makassar - Namanya lengkapnya adalah Jean Hengry Dunant, dikenal sebagai Bapak Palang Merah Internasional. Ia lahir tanggal 8 Mei 1826 di Jenewa Swiss, 190 tahun yang lalu. Anak pertama dari pengusaha Jean-Jacques Dunant dan istrinya Antoinette Dunant-Colladon.

Hengry Dunat merupakan sosok sentral dan penggagas utama berdirinya gerakan palang merah. Berhasil mendirikan Organisasi Palang Merah Internasional (International Committee of the Red Cross), salah satu organisasi kemanusiaan yang memiliki perenan sangat penting bagi kemanusiaan dari dulu hingga sekarang.

Ia menjadi saksi dari Pertempuran di Solferino, Italia. Dia mencatat kenangan dan pengalamannya dalam buku “A Memory of Solferino” yang mengilhami terbentuknya Komite Internasional Palang Merah (ICRC) pada tahun 1863.

Dunant juga memulai perjalanan ke seluruh Eropa untuk mempromosikan gagasannya. Buku tersebut mendapat sambutan yang sangat positif. Presiden Geneva Society for Public Welfare (Perhimpunan Jenewa untuk Kesejahteraan Umum), yaitu seorang ahli hukum bernama Gustave Moynier, mengangkat buku ini beserta usulan-usulan Dunant di dalamnya sebagai topik pertemuan organisasi tersebut pada tanggal 9 Februari 1863.

Para anggota organisasi tersebut mengkaji usulan-usulan Dunant dan memberikan penilaian positif. Mereka kemudian membentuk sebuah Komite yang terdiri atas lima orang untuk menjajaki lebih lanjut kemungkinan mewujudkan ide-ide Dunant tersebut, dan Dunant diangkat sebagai salah satu anggota Komite ini.

Keempat anggota lain dalam Komite ini ialah Gustave Moynier, jenderal angkatan bersenjata Swiss bernama Henri Dufour, dan dua orang dokter yang masing-masing bernama Louis Appia dan Théodore Maunoir. Komite ini mengadakan pertemuan yang pertama kali pada tanggal 17 Februari 1863, yang sekarang dianggap sebagai tanggal berdirinya Komite Internasional Palang Merah (ICRC).

Pada 1901, Henry Dunant menerima Penghargaan Nobel Perdamaian yang pertama, bersama dengan Frédéric Passy. Maka pada tanggal 8 Mei yang merupakan tanggal lahir Henry Dunant, dirayakan sebagai Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia (”World Red Cross and Red Crescent Day”). (Win)

Tag :

Sulbar
  • 220 Dibaca