Wakil Bupati Mamuju Utara (Matra) Muhammad Saal

Wabup Matra : PID Sangat Strategis Membangun Desa


Seputarsulawesi.com, Mamuju Utara,- Wakil Bupati Mamuju Utara (Matra) Muhammad Saal membuka Bursa Inovasi Desa (BID) Kabupaten Matra di Hotel Trisakti Pasangkayu, Kamis, 28 Desember 2017.

Muhammad Saal mengatakan jangan ada bengkalai dalam pembangunan desa, karena program ini sangat strategis bagi masyarakat desa.

"Jangan ada bengkalai dalam pembangunan desa," tegasnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan Program Inovasi Desa (PID) sebagai program pembangunan yang tidak terpisah dengan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) mesti disambut dengan penuh suka cita dan penuh dedikasi.

"PIDlah yang dapat mempromosikan potensi inovatif pembangunan desa ke tingkat nasional yang sudah dijalankan di desa, misalnya arisan jamban, desa sehat, desa wisata mangrove dan banyak lainnya." Jelasnya.

Sementara, Tenaga Ahli Madya Pengelolaan Pengetahuan PID KPW 5 provinsi Sulawesi Barat, Muh. Subair Sunar mengatakan, maksud dan tujuan pelaksanaan Bursa Inovasi Desa itu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif.

"Kegiatan Bursa Inovasi Desa ini juga sekaligus menjadi ajang evaluasi penggunaan Dana Desa (DD) sejak tahun 2015 sampai dengan 2017. Seberapa jauh kualitas penggunaannya selama ini, dilihat dari sisi efektifitasnya," jelas Subair.

  • 257 Dibaca