Direktur Walhi Sulsel Asmar Exwar

Walhi Sulsel : Indonesia Belum Merdeka dalam Pengelolaan SDA


Seputarsulawesi.com, Makassar-Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sulawesi Selatan, menilai, dihari ulang tahun ke-72 Republik Indonesia khusus dalam konteks pengelolaan sumber daya alam rakyat Indonesia belum merdeka secara utuh.

Menurut Direktur Walhi Sulsel Asmar Exwar, apabila dilihat undang - undang dasar 1945, terkhusus pasal 33,  pada dasarnya penguasaan Negara atas sumber daya alam (SDA) diperuntukkan bagi  kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. 

"Tapi kalau kita lihat kenyataan, sebagian besar SDA kita dikuasai oleh korporasi, baik lokal hingga trans nasional corporation," kata Asmar kepada seputarsulawesi.com, Kamis 17 Agustus 2017.

Asmar mengungkapkan, banyak rakyat hanya jadi penonton sumber daya alamnya dikeruk, namun mereka pula yang jadi korban dari kerusakan lingkungan, bahkan konflik tenurial (lahan) yang berkelanjangan. 

Asmar mengatakan, bagi masyarakat sekitar hutan, merdeka itu jika mereka dapat menguasai dan memanfaatkan wilayah kelolanya di kawasan hutan, bagi petani jika mereka menguasai dan mengelola lahannya sendiri,  bagi nelayan jika hasil tangkapan melimpah dan pesisir laut yang lestari. 

Tapi saat ini lanjut Asmar, kondisi masyarakat yang memiliki ketergantungan pada SDA dan lingkungannya yang berkelanjutan harus berhadapan dengan proyek -proyek perusak lingkungan. 

"Momentum perayaan hari kemerdekaan, juga harusnya menjadi momentum untuk mewujudkan hak dan partisipasi penuh bagi masyarakat dalam mengelolah sumber daya alam secara adil dan lestari," ujar Asmar.

  • 160 Dibaca