Warga Binuang Krisis Air Bersih


Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Akibat musim kemarau, dua dusun di Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar mengalami krisis air bersih. Kedua dusun tersebut adalah Dusun Binuang II dan dusun Bajoe. Parahnya lagi, untuk mencukupi kebutuhan air, warga di dua dusun tersebut terpaksa harus mengkonsumsi air keruh, lantaran tak ada pilihan lain.

"Selain keruh, airnya juga berbau. Ya.. mau apalagi, tidak ada pilihan lain," kata salah seorang warga setempat.

Tak hanya itu, untuk mendapatkan air yang tak layak konsumsi itu, warga setempat harus rela berjalan kaki beberapa kilometer, menuju sungai, karena hanya sungai tersebutlah yang bisa diharapkan untuk mengsuplai kebutuhan air mereka.

“Sejak pagi-pagi buta, warga sudah harus bersiap-siap berjalan menuju sungai sambil menenteng tempat air, karena jika kesiangan warga bisa saja tidak kebagian air, karena sungai ini juga sudah mulai mengering,” tutur Hadra, warga setempat, Senin, 24 Sepetember 2018.

Menurut Hadrah, tak jarang warga setempat berebutan untuk mendapatkan air. Bagi mereka yang tak ingin berebutan, terpaksa harus membuat sumur buatan sedalam satu meter

"Ini sumur sementara pak. Biasa kalau airnya sudah tidak bagus lagi, terpaksa menggali lagi lubang baru," tutur Hadra saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, Kepala Dusun Bajoe, Sunusi membenarkan kejadian tersebut. Katanya musim kemarau warganya kesulitan mendapatkan air, apalagi air PDAM sudah beberapa bulan tidak mengalir di wilayahnya, sementara sumur warga juga sebagian sudah mengering, kotor dan airnya terasa asin.

"Kotornya airnya pak, kayak teh, bahkan terkadang juga kehitaman," ungkapnya

Ia berharap, pemerintah bisa melakukan upaya untuk mengatasi krisis air bersih di wilayahnya tersebut.

Terpisah, Kepala Bidang Logistik BPBD Polman Bugiman mengatakan, jika ada pemerintah desa yang menginginkan bantuan air bersih, pihaknya diminta untuk menyurat terlebih dahulu.

"Untuk mendapatkan air bersih, menyurat dulu, nanti kami tindak lanjuti dengan cara melakukan dropping air," ujarnya.

Tag :

binuang polman
  • 110 Dibaca