Warga Desa Batetangnga foto bersama

Warga Desa Batetangnga Dilatih Pertanian Alami


Seputarsulawesi.com, Makassar,- Warga Desa Batetangnga dilatih pertanian alami. Pelatihan pertanian alami ini berlangsung selama tiga hari, 14-16 Oktober 2017 di Permandian Alam Rawa iIndah Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang.

Pendamping Desa Batetangnga, Arif Mangopo mengatakan warga sangat antusias mengikuti pelatihan karena baru kali ini kegiatan seperti ini diadakan dan pendanaanya menggunakan dana desa sebesar 15 juta rupiah.

"Jumlah pesertanya sebanyak 50 orang dari 13 dusun di Desa Batetangnga dan didominasi petani kakao dan petani padi selebihnya petani bawang merah dan tomat," jelasnya.

Lebih lanjut, alumni Unasman jurusan pertanian ini mengatakan bahan bahan yang digunakan dalam pembuatan pupuk alami ini mudah ditemukan di lingkungan sekitar, diantaranya buah-buahan, sayuran, ikan, kotoran hewan dan pupuk kompos.

Sementara itu, Muhammad Arifin seorang warga yang ikut dalam pelatihan itu merasa bersyukur karena selama ini  menggunakan  bahan kimia hasilnnya tidak maksimal bahkan selalu menurun.

"Saya petani coklat dan padi, banyak sekali penyakit yang terkadang menyerang tanaman, misalnya buah coklat yang keras, hama penggerek batang tanaman dan semacamnya. Di sini kami pelajari cara membuat pupuk alami dan bertani menggunakan bahan alami,"
katanya.

Laporan: Rahmayani Kamaruddin

  • 111 Dibaca