120 PTN-PTS di Sulawesi, Hanya Unhas yang Terakreditasi A

Sulsel

Editor Muhammad Iqbal Arsyad


Seputarsulawesi.com, Makassar- Dari 120 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terdapat di wilayah Sulawesi. Hanya Universitas Hasanuddin (Unhas) yang institusinya mendapat akreditasi A. Ini berdasarkan hasil dari Badan Akreditasi Nasional- Perguruan Tinggi (BAN-PT) tahun 2016.

Hasil ini menempatkan Unhas menjadi universitas terbaik di Sulawesi dan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Unhas berada pada urutan 12 dijajaran universitas terbaik di Indonesia. Sedangkan untuk peringkat dunia Unhas berada pada urutan 2428. Universitas Indonesia (UI) masih menjadi universitas terbaik di Indonesia dengan peringkat universitas terbaik di dunia berada di urutan 763.

Akreditasi A Unhas tak lepas dari hasil akreditasi jurusan-jurusan yang ada di Unhas. Sebanyak 48 jurusan yang ada di Unhas menadapat akreditasi A. Sementara untuk universitas lainnya seperti Universitas Negeri Makassar (UNM) hanya 10 jurusan yang berakreditasi A. Sedangkan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar hanya 4 jurusan yang berakreditasi A.

Akreditasi BAN-PT bertujuan untuk menentukan kelayakan program atau satuan pendidikan. Tentunya universitas yang berakreditasi A lebih berkualitas di banding universitas yang berakreditasi B dan C. Akreditasi perguruan tinggi merupakan syarat mengeluarkan sertifikat atau ijazah sesuai UU tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Bal)

(Diolah dari sumber; ban-pt-universitas.com)