Di Amerika, Ada 400 orang Bisu Bergelar Doktor

21 Mar 2017, 10:52:53 WIB || Editor:sesi.comCitizen Report

Di Amerika, Ada 400 orang Bisu Bergelar Doktor 

Seputarsulawesi.com, Makassar- Dr Michael S Stein, pengacara khusus untuk hak-hak Disabilitas asal Harvard Law School-Amerika mengatakan, saat ini di Amerika terdapat 400 orang bisu yang bergelar doktor, dan ada juga yang bergelar profesor dan berprofesi sebagai dokter dan pengacara.

"Saat ini, di Amerika sudah ada 400 orang bisu yang bergelar Doktor, ada yang bergelar Profesor, ada berprofesi Dokter, Pengacara dan itu semuanya berhasil," katanya saat menyampaikan sambutan di acara Workshop Kebijakan tentang hak-hak Penyandang Disabilitas yang dirangkaikan dengan Pelatihan Volunteer, Selasa (21/3) di Auditorium KH Muhyiddin Zain Universitas Islam Makassar.

Ia berharap, Indonesia kedepannya bisa memberi ruang yang lebih besar terhadap peyandang disabilitas, agar mereka mampu berkarya dan menggali potensinya. Ia pun mencontohkan dirinya, saat masih berusia dini, dirinya selalu didodorong oleh orang tuanya untuk melanjutkan studinya sampai hari ini.

"Itu karena penyandang disabilitas tidak untuk dikasihani dan disembunyikan, melainkan harus diberikan akses yang layak dan memberikan haknya sebagaimana mestinya," jalas penyandang disabilitas ini.

Tak hanya itu, Michael S Stein juga mengaku bangga dengan Indonesia dan berharap Indonesia bisa lebih baik dari Amerika dalam hal penghargaan terhadap kelompok disabilitas.

Sementara itu, Rektor Universitas Islam Makassar, Majdah Agus Arifing Nu'mang dalam sambutannya mengatakan, setiap orang ingin dilahirkan sempurna, tetapi kekuasaan Tuhan jauh lebih besar untuk menentukan segalanya.

Di tempat yang sama, Majdah juga memberi semangat kepada peyandang disabilitas. Ia mengatakan, penyandang disabilitas tidak boleh berkecil hati, tetapi tetap harus optimis dan terus berkarya.

"Untuk anak-anakku penyandang disabiltas, jangan kita berkecil hati, tetapi kita harus kuat dan tetap optimis agar dapat berkarya," tambahnya.

Tampak hadir Wakil Rektor II Saripuddin Muddin, Wakil Rektor III Abd Rahim Mas P Sanjata, Wakil Rektor IV UIM Muammar Bakry, dan 400 teman-teman penyandang disabilitas Makassar yang mengikuti workshop.

Laporan: Andy Muhammad Idris




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook