Di Manado, Nongkrong Hingga Larut Malam Sudah Hal Biasa

Lintas

Editor Suaib Amin Prawono


Suasana Cefe Regal di Kawasan Mega Mall, Manado Sulawesi Utara

Seputarsulawesi.com, Manado- Cafe Regal yang terletak di kawasan Mega Mall, Kota Manado, Sulawesi Utara ini nampaknya tak pernah sepi pengunjung. Sejak Jumat kemarin hingga malam ini, suasana cafe tetap terlihat ramai.

Jika dibandikan malam sebelumnya, pengunjung malam ini nampak terlihat lebih ramai, sebab hampir semua meja dan kursi terisi. Hujan yang mengguyur kota Manado seolah tak mengurunkan niat pengunjung yang kebayakan kalangan muda-mudi untuk mendatangi tempat ini. Hingga pukul 23.39 pengunjung masih terlihat berdatangan.

"Keramaian seperti ini sudah biasa. Orang Manado memang suka nongkrong hingga larut malam. Makanya ada istilah disini, kalau mau tahu kondisi Manado, nongkrong saja di warung kopi," kata Nono Sumampau ke Seputarsulawesi.com, Sabtu malam 22 Juni 2017.

Dosen Antropologi Universitas Samratulangi Manado ini menambahkan, di Manado tempat nongkrong yang paling ramai berada di pusat kota tepatnya di Jalan Roda. Orang Mando menyebutnya Jarod. Di Jarod, orang mendiskusikan berbagai macam persoalan.

"Kalau toran mau cari info bisa nongrong di Jarot. Mulai dari rakyat biasa hingga pejabat nongkrong di lokasi itu, mendiskusikan berbagai persoalan," katanya dengan logat Manado. 

Bagi warga Gorontalo, lanjut Nono, Jarod adalah tempat yang cukup bersejarah, sebab di lokasi itulah gagasan pembentukan Provinsi Gorontalo bermula.

Penulis: Suaib Amin Prawono