Haul Pendiri NU Sulsel Dimeriahkan Marawis Kodam XIV

Sulsel

Editor Muhammad Iqbal Arsyad

Seputarsulawesi.com, Makassar - Doa, Zikir, dan Tahlil mengenang 11 tahun wafatnya Syekh Sayyid Djamaluddin Assegaf Puang Makka, salah satu tokoh pendiri Nahdlatul Ulama di Sulsel diramaikan dengan penampilan Hadroh Marawis Batalyon Kavaleri (Yonkav) 10/Mendagiri Kodam XIV Hasanuddin di Balai Manunggal Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Kamis (11/5).

Tabuhan rebana yang nyaring dan merdu, para personel didikan Letkol Kav Budi Medina, selaku Komandan Yonkav 10/Mendagiri itu tampil dengan membawakan sejumlah lagu-lagu islami dan shalawat nabi, menghibur ribuan peserta haul yang hadir.

Koordinator Marawis Letnan Ckm Misbahul Munir, mengatakan tim Marawis Yonkav sebanyak 19 orang dengan vokalis dua orang yakni Praka Imron dan Praka Helmi. Mereka biasanya rutin menggelar latihan baik secara internal maupun gabungan dengan satuan lain di TNI -Polri.

"Biasanya kami memang diundang tampil setiap ada hajatan warga maupun event lomba," kata Misbahul.

Misbahul menjelaskan Hadroh Marawis Yonkav 10/Mendagiri dibentuk pertama kali pada 27 Juli 2017. Proses pelatihannya dilakukan secara mandiri, tak mendatangkan pelatih khusus dari luar.

Selama terbentuknya, personel marawis Yonkav 10/Mendagiri pernah tampil bersama dengan satuan TNI-Polri lainnya dalam acara safari ramadhan di Mabes TNI yang dihadiri Presiden Joko Widodo. Salah satu personel senior yang tampil saat itu adalah Lettu Kav Eko Rudianto.

"Jadi sistem latihan yang dilakukan yah dari mereka ke mereka. Kita jarang memanggil pelatih khusus dari luar," tutur Misbahul.

Kegiatan Haul Puang Ramma dilaksanakan oleh Jamiyah Khalwatiyah Syekh Yusuf Al Makassary. Almarhum Puang Ramma merupakan Mursyid ke-11 yang meneruskan ajaran Syekh Yusuf Al Makassary di Sulsel.

(Bal)


Video