Kanwil Kementrian Agama Sulsel Seleksi Calon Petugas Haji

Sulsel

Editor Muhammad Iqbal Arsyad


Seputarsulawesi.com, Makassa-  Kantor Wilayah  Kementerian Agama Provinsi  Sulsel menyeleksi calon petugas haji untuk musim haji 1438 H/2017 M di Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (10/5).

Seleksi  ini mengcakup calon petugas yang menyertai jemaah haji (TPHI dan TPIHI) maupun calon petugas panitia penyelenggara ibadah haji di Saudi Arabia.

“Sebanyak 73 orang yang merupakan hasil dari seleksi tahap pertama yang terdiri dari TPHI sebanyak 32 orang, TPIHI 29 orang dan PPIH Arab Saudi 12 orang dengan metode Tes Kompetensi/Tertulis dan Wawancara, dan diawasi langsung oleh Tim dari Inspektorat jenderal Kemenag RI dan Dirjen PHU Kemenag RI,” kata Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Sulsel H. Kaswad Sartono saat Pembukaan.

Sementara, Ka.Kanwil Kemenag Sulsel H. Abd. Wahid Thahir yang membacakan sambutan Dirjen PHU Kemenag RI Menyampaikan bahwa kegiatan rekruitmen calon petugas haji ini sangat penting, mengingat kesiapan petugas haji merupakan bagian dari sistem penyelenggaraan ibadah haji dimana setiap fase penyelenggaraannya harus berjalan sesuai jadwal yg telah ditentukan.

Selain itu, Mengingat keterbatasan jumlah petugas haji yang tidak berbanding lurus dengan penambahan jumlah jemaah haji, maka mulai tahun ini pemerintah akan memberdayakan petugas haji baik yang menyertai jemaah haji maupun yang bertugas di Arab Saudi.

“Karenanya, Kementerian Agama menilai bahwa satu cara untuk meningkatkan prinsip akuntabilitas petugas haji yang memiliki kompetensi dan integritas yaitu dengan rekruitmen melalui seleksi administrasi, tes tertulis dan wawancara untuk memastikan petugas yang terpilih nanti sudah sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan,” lanjutnya.

Sesuai Rencana Perjalanan Haji (RPH) tahun ini, pemberangkatan jemaah haji kloter pertama akan dilaksanakan mulai 28 Juli 2017, dan Kloter terakhir pada 26 Agustus 2017, sedangkan wukuf di Arafah pada 31 Agustus 2017 dan akhir Pemulangan pada 5 Oktober 2017.

Mawardy Siradj (Pelaksana Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Prov Sulsel) melaporkan dari Makassar