Kepala Madrasah Se-Sulawesi Belajar Penganggaran

Citizen Report

Editor Muhammad Iqbal Arsyad


Seputarsulawesi.com, Makassar-  Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Penyusunan Rencana Kerja dan Penganggaran Madrasah Se-Sulawesi selatan selama tiga hari (9 - 11 Mei 2017) di Hotel Kenari Tower Makassar.

Kasi Kelembagaan dan sistem Informasi Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel Mulyadi mengatakan peserta Bimtek ini berasal dari 40 Kepala Madrasah dan 40 Wakil Kepala Madrasah Swasta yang tahun ini memperoleh bantuan, hal ini dimaksudkan agar pemanfaatan anggaran bantuan tersebut bisa tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat guna serta dapat dipertanggungjawabkan.

Ka.Kanwil Kemenag Sulsel Abd. Wahid Thahir  menilai kegiatan ini sangat urgent, karena dari sinilah diharapkan akan lahir program yang baik, karena didasari oleh penyusunan rencana kerja dan penganggaran yang matang, khususnya bagi Madrasah Tsanawiyah dan Ibtidaiyah di Sulsel.

“Saya memiliki obsesi untuk seluruh madrasah bisa menerapkan sistem moving class, dimana yang bergerak atau mobile itu bukan guru, tapi siswa, meskipun obsesi ini memiliki tantangan yang besar diantaranya ketersediaan sarana dan prasarana kelas dan perangkat pelengkap lainnya, akan tetapi obsesi ini saya yakini bisa terwujud bilamana jauh jauh hari kita semua sudah menyusun rencana untuk itu.” Kata Abd. Wahid Thahir 

Ia juga mengingatkan agar Kepala Madrasah tidak boleh bekerja dan memutuskan sendiri sebuah kebijakan atau keputusan, hendaknya kita juga harus melibatkan seluruh unsur dan orangnya yang ada di lingkungan madrasah, termasuk membangun komunikasi dan sinergitas dengan orangtua siswa dan pemangku kebijakan di wilayahnya..

“Kalau ada madrasah swasta tapi mampu memperlihatkan prestasi yang mencolok apalagi tertinggi, atau minimal sama dengan prestasi yang diraih oleh Madrasah Negeri, maka saya kasi dua jempol, ini artinya kepala madrasah dan seluruh komponen didalamnya bekerja maksimal meski kadang minim fasilitas dibanding Madrasah Negeri,” paparnya. 

Mawardy Siradj (Pelaksana Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sulsel) melaporkan dari Makassar.