Lawan Burnley, Mampukah Morata Mencetak Gol ?

Olahraga

Reporter Andi Ilham Badawi, Editor Muhammad Iqbal Arsyad


Alvaro Morata

Seputarsulawesi.com,- Conte diyakini akan menurunkan Alvaro Morata sejak menit awal, saat Chelsea menjamu Burnley, Sabtu 12 Agustus 2017, malam nanti. Sejauh ini, Morata baru melakoni dua pertandingan bersama Chelsea, sejak didatangkan dari Real Madrid, bulan lalu. Morata selalu memulai pertandingan dari bangku cadangan, saat melawan Inter Milan pada laga pra-musim dan Arsenal pada pertandingan Communty Shield pekan kemarin.

Dari dua pertandingan tersebut, Morata belum sekalipun mencetak gol. Apesnya, saat laga melawan Arsenal, Morata gagal mencetak gol pada babak adu penalti. Chelsea pun gagal meraih gelar Community Shield dan Conte harus bersabar lebih lama lagi, untuk mendapatkan gelar keduanya selama berkarir di Inggris.

Dari dua penampilan tersebut, banyak kalangan yang meragukan pembelian Morata, termasuk mantan pelatih Manchester City, Stuart Pearce. Ia menilai, kedatangan Morata merupakan perjudian besar bagi Chelsea, sebab banyak pemain yang butuh waktu lama untuk beradaptasi. Sedangkan, Morata diharapkan dapat menggantikan peran Diego Costa sebagai ujung tombak, secepat mungkin.

“Saya pikir, itu adalah perjudian besar. Dia (Costa) adalah sosok yang membuat Hazard bisa bekerja di belakangnya, pun dengan Pedro. Saya tidak bisa melihat mereka mempertahankan gelar dengan itu,” Jelasnya seperti dilansir dari Skysport.

“Saya berharap Morata bisa secepatnya menyatu, tetapi selalu ada hal dipikiran anda saat pemain datang ke Inggris untuk bermain, kadang butuh sedikit waktu untuk menyelesaikannya,” tambahnya.

Di sisi lain, Dennis Wise, mantan pemain Chelsea era 90-an, menuturkan bahwa Morata akan memberi dampak yang hebat bagi Chelsea musim ini. “Kedatangan Morata sangatlah penting, Chelsea butuh seorang seorang juru gedor untuk mencetak gold dan seorang juara,” paparnya.

Kemampuan Morata sebenarnya mumpuni untuk cepat bersinar di Liga Inggris. Terlebih, dia adalah seorang juara, sejak berseragam Juventus dan Real Madrid. Musim lalu, Squawka mencatat Morata berhasil menghasilkan 17 peluang dari 26 pertandingan yang dilakoninya bersama Madrid di La Liga Spanyol.

Morata juga mencetak 15 gol, meski lebih banyak turun dari bangku cadangan. Hal lain yang menarik adalah Morata memiliki akurasi tendangan di angka 63 % dan lebih bagus dari Diego Costa yang hanya mencatatkan angka 53 %.

Morata punya kemampuan memenangi duel yang baik. Squawka mencatat presentase kemenangan duel Morata, musim lalu, di angka 49 %. Hal ini tentu menjadi bekal yang baik bagi Morata untuk bertarung melawan ganasnya bek-bek Liga Inggris yang terkenal bermain keras nan kasar.

Malam nanti, Morata akan mencoba membuktikan dirinya di hadapan publik Stamford Bridge. Apalagi, ia harus menanggung beban berat sebagai pengganti Diego Costa. Jika tidak ingin dianggap pembelian gagal, Morata harus mampu menunjukkan kepiawainnya dalam urusan mencetak gol ke gawang Burnley.