Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cara yang Sederhana

Gaya Hidup

Editor Badauni AP


Seputarsulawesi.com, - Seiring dengan perkembangan jaman yang lebih maju, orang-orang di sekitar kita pun semakin sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing. Karena kegiatan mereka yang sangat padat, terkadang berakibat terbengkalainya perhatian tentang kesehatan, padahal menjaga kesehatan tubuh sangat penting dilakukan agar terhindar dari berbagai penyakit. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar tubuh tetap terjaga kebugarannya. Di antaranya adalah olahraga, pengaturan pola makan dan tidur.

Olahraga

Olah raga merupakan aktivitas di mana seseorang melatih tubuh mereka agar tetap bergerak. Kegiatan ini terbagi atas dua macam, yaitu olahraga tradisional dan modern. Olahraga bermanfaat baik bagi tubuh dikarenakan dapat membantu membakar lemak dalam tubuh, menjaga kesehatan organ dalam seperti jantung serta menjaga kekuatan otot, sendi dan tulang.

Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga tidaklah sulit. Terkadang masyarakat meninggalkan olahraga karena mahal, itu dikarenakan paradigma sebagian dari mereka yaitu berolahraga di tempat gym. Padahal, ada olahraga yang sangat mudah dan sederhana sehingga dapat dilakukan oleh siapa pun. Salah satunya adalah berjalan kaki.

Olah raga jalan kaki secara rutin dapat membakar lemak tubuh secara bertahap sehingga mampu menurunkan berat badan. Dengan berolahraga secara teratur maka tubuhmu akan tetap bugar.

Mengatur pola makan

Makanan merupakan salah satu faktor utama yang paling berpengaruh terhadap kesehatan tubuhmu. Asupan makanan yang sembarangan dan jadwal makan yang tidak teratur dapat menyebabkan penyakit mulai dari kegemukan hingga kanker.

Cara sederhana agar pola makan tetap terjaga yaitu mengatur jadwal makan. Dalam sehari bisa saja Frutarian makan sering namun dengan porsi yang kecil. Selain itu perbanyak makan buah-buahan karena makanan tersebut mengandung serat yang tinggi.

Atur pola tidur

Tidur terdengar hal yang sepele untuk diperhatikan. Namun aktivitas ini justru dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Bila kita kurang tidur, maka risiko penyakit seperti jantung dan hati akan lebih besar. Maka dari itu, atur pola tidur Frutarian mulai dari jam awal tidur, durasi, hingga tempat tidur dan bantal yang digunakan.

Tidur yang baik berkisar antara 6-8 jam mulai pukul 9 atau 10 malam. Selain itu, bahan tempat tidur dan bantal juga berpengaruh terhadap kualitas tidur. Carilah bahan yang sesuai agar tidurmu lebih nyaman dan berkualitas.

Itulah beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh Frutarian. Semoga dengan cara yang mudah ini dapat bermanfaat bagi kelangsungan hidup yang berkepanjangan. Tetap hidup sehat ya!

Source link:
http://id.wikipedia.org/wiki/Olahraga#Manfaat_olahraga
http://www.rumahsakitmitrakemayoran.com/pola-makan-sehat-dan-gaya-hidup-yang-benar/
http://id.wikipedia.org/wiki/Tidur