Pimpinan Ponpes Syekh Hasan Yamani Sowan ke KH. Maemun Zubaer

Sulbar

Editor Suaib Amin Prawono


Seputarsulawesi.com, Rembang- Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Syekh Hasan Yamani, Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, H. Fakhri Tajuddin Mahdy beserta beberapa penagusuh ponpes lainnya sowan ke Pimpinan Ponpes al Anwar, KH Maemun Zubaer di Serang, Rembang, Jawa Tengah, Rabu (4/5)

"Ini kegiatan rutin pesantren tiap tahun, melakukan silaturrahmi sekaligus studi banding untuk meningkatkan kualitas pesantren," kata Samsul, salah seorang tenaga pengajar di Ponpes Syekh Hasan Yamani, Kamis (4/5).

Via keterangan tertulisnya, Samsul mengatakan, secara historis, pondok Pesantren al-Anwar punya hubungan emosional dengan Ponpes Syekh Hasan Yamani. Ayah KH. Maemun Zubaer sewaktu belajar belajar di Mekkah berguru ke Mufti Saudi, yaitu Syekh Said al-Yamani yang tiada lain adalah ayah dari Syekh Hasan Yamani itu sendiri.

"Tak disangka, ketika kami menyebut nama pondok pesantren Syekh Hasan Yamani, Kyai Maemun Zubaer lansung teringat dengan ayahnya. Ternyata ayah beliu sewaktu di Mekkah belajar sama Syekh Said al-Yamani yang tiada lain adalah ayah dari Syekh Hasan Yamani itu sendiri," katanya lagi.

Dalam silaturrahmi tersebut, kata Samsul, Kyai sepuh Nadlatul Ulama itu berharap agar Ponpes Hasan Yamani terus menyambung silaturrahmi yang selama ini terputus.

Selain itu, putra KH. Zubaer ini juga bersedia mengirimkan murid-muridnya ke Ponpes Hasan Yamani untuk mengajar, sementara Hasan Yani akan mengirim santrinya ke Jawa untuk belajar kitab kuning dan kelak akan kembali ke pesantren untuk mengamalkan ilmu yang telah dipelajarinya.

"Selain saya, hadir juga dalam silaturrahmi ini, Ust. Jumri Razak, Ust. Kumoro Hadi dan Ust. Ziaul Haq dan Ust," jelas Samsul. (SAP)