Polisi Ini Meneteskan Air Mata Saat Dicekal Komunitas Motor di Soppeng

04 Sep 2016, 12:09:39 WIB || Editor:IQ Arsyad Sulsel

Polisi Ini Meneteskan Air Mata Saat Dicekal Komunitas Motor di Soppeng  AKB Akbar Usman Saat Dicekal Komunitas Motor di Soppeng

Seputarsulawesi.com, Soppeng- Perwira polisi ini tiba- tiba menjadi perhatian media di Kabupaten Soppeng. Untuk pertama kalinya komunitas motor dan pelajar tumpah ruah kejalan melepas pindah tugas yang sebelumnya menjadi kasat lantas di jajaran Polresta Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan.

Akrab disapa Daeng Situju, sosok polisi ini begitu dekat di hati masyarakat Soppeng . Daeng Situju dikenal  tegas dan mendidik. Banyak memberikan penyadaran hukum berkendaraan. Sosialisasi model pendekatan persuasif terbilang ampuh membangun citra positif di tengah krisis kepercayaan publik terhadap petugas polisi saat ini.

Namun, sosok AKP Akbar  Usman ini di mata warga Soppeng, mempersepsikan sesorang polisi yang baik, sederhana dan menjadi idola para remaja yang senang berdiskusi tentang penyadaran hukum berlalu lintas.

Komunitas motor dan remaja bisa diorganisir untuk tidak ugal-ugalan. Membagikan helm dan tanggap terhadap persoalan berlalu-lintas, menjadikan sikap polisi satu ini bisa merebut hati sebagian masyarakat Soppeng.

Di balik pertemuan selalu ada perpisahan ungkapan lama sangat tepat dialamatkan ketika melihat susana Jum'at kemarin ( 2/9) di Kota Sopeng. Suasan haru mengiringi lepas sambut  jajaran Polresta Kabupaten Soppeng. Nampak warga pun berdatangan ikut menyaksikan suasana hari terakhir Akbar Usman bertugas sebagai kasat lantas di Kapolres Soppeng.

Warga berdatangan ini merupakan sahabat Akbar Usman, mereka terdiri dari masyarakat sekitar pasar, para sopir , komunitas klub motor beserta pelajar SMA. Mereka saat itu Tumpah riuh ke jalan dan berkonvoi mengiringi perjalanan Polisi ini hingga ke batas kota Soppeng.

Bising suara kendaraan seakan memecah langit yang nampak mendung, menjadikan hati polisi kelahiran Kabupaten Gowa ini tak kuasa meneteskan air mata, apalagi saat mereka para komunitas klub motor dan pelajar mencekalnya di jalan untuk Akbar Usman tidak pergi meninggalkan Soppeng.

"Sabarki ini perintah tugas saya, saya tidak jauhji adaja di Makasar, kontak saya " kata Akbar sembari memeluk komunitas dan pelajar ini.

Begitupun saat konvoi ratusan kendaraan  yang sempat melewati  Warkop dan pasar, lagi- lagi sentak membuat warga berhamburan keluar ke jalan. Tempat inilah Akbar Usman sering bercengkrama dengan warga setempat dan membangun susana kekeluargaan dengan mereka.

Sadli salah salah seorang ketua klub bermotor di Soppeng  mengatakan "Kami sangat kehilangan pak polisi yang satu ini, dia beda dengan polisi lainya , dia seperti orang tua kami," ungkap Saldi yang saat ini nampak menangis.

Genap dua tahun AKP Akbar Usman bertugas sebagai kasat lantas Kota ini. menorehkan sejarah betapa polisi ini berhasil sebagai polisi pengayom dan sahabat rakyat.

(Bal)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook