Siapa Sangka Cacing Bisa Membuat Bahagia dan Tersenyum

19 Jun 2016, 13:15:39 WIB || Editor:IQ Arsyad Tips & Gaya Hidup

Siapa Sangka Cacing Bisa Membuat Bahagia dan Tersenyum  

Oleh: Andi Suaib

(Penggiat Pertanian Alami)


Perubahan pola pikir para petani dari ketergantungan akan produk-produk kimia sentetis semakin menggema dan terasa dari waktu ke waktu menjadi petani mandiri secara perlahan - perlahan bertambah. Namun perubahan ini tidak dibarengi dengan kesadaran pemerintah khususnya pemerintah daerah.

Pemerintah daerah masih sibuk dengan program - program menghabiskan anggaran untuk serapan anggaran dan kampanye kesuksesan swasembada oleh para pemimpin daerah, belum lagi para politisi menggunakannya sebagai bagian kampanye heroik namun mereka-mereka tidak melihat proses yang dilakukan para petani dan kesulitan petani mulai dari penyiapan sampai pada pemasaran yang ada popularitas atau ingin kenal saja.

Salah satu dari keresahan dan ketergantungan yang dialami para petani adalah pupuk padahal banyak cara yang bisa dilakukan dengan mendidik dan belajar bersama para petani dengan menggunakan sumber daya alam yang tersedia.

Seperti kata pepatah banyak jalan menuju ke roma, jalan ketergantungan pupuk kimia sintetis saat ini bisa digantikan melalui "Kascing". Kata kascing belum banyak dikenal kalangan masyarakat termasuk manfaatnya. Kascing merupakan singkatan dari Bekas Cacing. Kascing merupakan pupuk organik yang berupa kotoran cacing yang dikeringkan. seperti diketahui cacing berperan penting dalam menyuburkan tanah dimana kascing mengandung unsur hara yang lengkap, baik unsur makro dan mikro yang berguna bagi pertumbuhan tanaman.

Komposisi kimia kascing Eisenia foetida meliputi nitrogen (N)0,63%, fosfor (P) 0,35%, kalium (K) 0,20%, kalsium (Ca) 0,23%, magnesium (Mg) 0,26%, natrium (Na) 0,07%, tembaga (Cu) 17,58%, seng (Zn) 0,007%, manganium (Mn) 0,003%, besi (Fe) 0,79%, boron (B) 0,21%, molibdenum (Mo) 14,48%, KTK 35,80 meg/100mg, kapasitas menyimpan air 41,23%, dan asam humus 13,88%. Unsur - unsur kimia tersebut sangat efektif untuk menggemburkan tanah dan membuat tanaman menjadi cukup subur, bila dibandingkan dengan kandungan pada pupuk kimia.


Foto Perbandingan Pupuk Kascing dan kimia




Bila melihat perbandingan dalam tabel diatas banyak sekali manfaat yang ada dalam kascing tersebut namun ada kekurangannya. Adapun manfaat menggunakan pupuk kascing, pertama; Cacing sebagai pembentuk pupuk Kascing, memiliki enzim di dalam tubuhnya yang bisa diubah menjadi pupuk, pengikat tanah berpasir, dan menetralkan tanah liat. Kedua, Sehingga pupuk kascing ini dapat diaplikasikan di lahan basah dan kering. Ketiga, Mengandung lebih banyak mikroorganisme, bahan organik, dan juga bahan anorganik dalam bentuk yang tersedia bagi tanaman dibandingkan dengan tanah itu sendiri.

Keempat, Mengandung enzim protease, amilase, lipase, selulase, dan chitinase, yang secara terus menerus mempengaruhi perombakan bahan organik sekalipun telah dikeluarkan dari tubuh cacing. Kelima, Mengandung hormon mempercepat pertumbuhan seperti giberelin 2,75%, sitokinin 1,05% dan auksin 3,80%. Sedangkan kekurangannya adalah Efektifitas pupuk kascing terhadap tanaman kurang cepat atau membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang pupuk anorganik. Karena pupuk kascing dibuat secara alami.

Dalam pembuatan pupuk Kascing dibutuhkan ketelitian dalam mengolah bahan yang digunakan, bila salah dalam mengolah hasil yang didapatkan kurang memuaskan, dan mungkin sangat mengecewakan. Contoh bila menggunakan bahan organik seperti sisa jeruk, pastikan sisa jeruk kering. Bila tidak kering mengakibatkan cacing mati, karena cacing tidak tahan terhadap tingkat keasaman yang tinggi.

Jalan menuju ke roma terbuka lebar, pupuk kascing menjadi satu dari sekian banyak jalan menuju kedaulatan petani, yang dibutuhkan hanya kemauan dan keyakinan bahwa apa yang dilakukan sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia (istri, anak, cucu, saudara dan tetangga) dan alam sekitar serta kedaulatan bagi petani itu sendiri.

Pertanyaan kemudian muncul Bagaimanana membuat pupuk Kascing itu secara tersendiri silakan ikuti perkebangannya di Seputarsulawesi.com cara membuat kascing dengan biaya murah dan jangan lupa tersenyum.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook