Sinta Nuriyah: Keragaman Membuat Kita Kaya

30 Jun 2016, 18:06:38 WIB || Editor:sesi.comNasional

Sinta Nuriyah: Keragaman Membuat Kita Kaya 

Seputarsulawesi.com, Jombang- Ibu Negara RI ke-IV Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid menggelar acara silaturahmi kebangsaan dan buka puasa bersama ratusan warga Bareng Jombang, Rabu, (29/6).

Acara yang diselenggarakan di halaman balai Dusun Wungurejo depan GKJW Bareng ini berlangsung dalam suasana keberagaman yang akrab.

Selain dihadiri warga sekitar, acara tersebut juga diikuti oleh semua perwakilan agama dan aliran kepercayaan.

"Saya sangat gembira Jombang bisa mempelopori harmoni antaragama. Semua hidup saling menghormati," ungkap ibu empat putri ini.

Menurutnya, kondisi Indonesia saat ini masih memprihatinkan. Konflik bernuansa agama dan identitas kerap mewarnai media massa. Perbedaan keyakinan tidak bisa lagi digunakan sebagai alasan untuk saling melukai. Keragaman, menurut sinta, justru menjadi basis kita memperjuangkan keadilan bagi yang tertindas. "Keragaman membuat kita kaya," tutur Sinta.

Suasana buka bersama kali ini memang terlihat guyub. Komunitas Islam dan Kristen setempat bahu-membahu mempersiapkan berbagai kebutuhan acara, termasuk melayani buka puasa.

Shalawat badar dari muslimat setempat menyambut kedatangan rombongan Ibu Sinta Nuriyah. Sebelumnya, berbagai kidung perdamaian dan lagu-lagu kebangsaan dimainkan oleh grup band pemuda GKJW.

"Kerukunan di wilayah Ngampungan sudah begitu terawat indah, saya yakin kehadiran Ibu Sinta Nuriyah ini akan semakin mempertebal semangat persaudaraan yang telah ada." tutur Pdt. Olvi, pimpinan GKJW Wungurejo saat mmberikan sambutan.

Apresiasi sama juga dilontarkan oleh Kiai Sholahuddi Shofwan, ketua panitia penyelenggara acara. Menurut Ketua MUI Bareng ini, kokohnya persaudaraan yang tercermin dalam kegiatan ini perlu lebih ditingkatkan lagi di masa mendatang.
"Selama mempersiapkan acara ini saya merasa spirit KH. Abdurrahman Wahid hadir menyertai," ungkap pria yang juga menjabat sebagai Rais Syuriah MWC NU Bareng.

Kegiatan ini mengambil tema 'Dengan Berpuasa Kita Tingkatkan Kearifan dan Keteguhan Iman' ini merupakan agenda rutin Keluarga Ciganjur sejak 16 tahun lalu. Untuk tahun ini, Jombang merupakan wilayah ke 23 dari 27 titik yang akan dikunjungi Sinta Nuriyah.

"Motivasi kami menyebarkan Islam ramah, toleran dan berpihak kepada kaum mustadzafin." jelas Aan Anshori dari Jaringan GUSDURian Jombang. (SAP)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook