Siri’ antar Nur Fadhilah Raih Doktor di Malaysia

25 Mar 2016, 10:53:40 WIB || Editor:seputarsulawesi.compendidikan

Siri’ antar Nur Fadhilah Raih Doktor di Malaysia 

Seputarsulawesi.com, Malaysia - Pembunuhan karena Siri’ banyak terjadi di Sulawesi Selatan. Dalam hukum adat, pembunuhan berlandaskan asas Siri’ di hal-hal tertentu dibolehkan, namun ketika bicara dari segi hukum nasional,  pembunuhan tetap di dakwa berdasar KUHP. Maka penting adanya pemahaman hakim dalam mengadili pembunuhan karena Siri’.

Hal tersebut diatas yang mengantarkan Nur Fadilah Mappaselleng meraih gelar Doktor atau PhD-nya.

Akademisi UMI ini menyelesaikan pendidikan dootornya di University Utara Malaysia. Lewat 8 semester lalu ditutup dengan disertasi yang mengangkat Siri’ di Tanah Melayu,  Malaysia. Ia sengaja mengangkat tentang Siri’,  untuk memperkenalkan kearifan lokal ke luar Sulawesi.

“Sulsel punya khas kearifan lokal yang bisa mendunia,  yaitu Siri’. Saya pikir siri’ bisa mengatasi masalah nasional bahkan sampai internasional” Papar dosen UMI ini.

Ia melanjutkan,  Akademisi Malaysia  diantara lain Prof.Dr.Khairil Azmin Mokhtar dan Prof.Dr.Rohimi Shapie menyambut hangat disertasinya. “Mereka menganggap penyelidikan semacam ini perlu digalakkan dan agar nilai budaya lokal tetap terpelihara dan berbanding lurus dengan  perkembangan tata hukum positif di Indonesia,” tambahnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook