Tiga Poin Penting untuk Paslon dan Penyelenggara Pilkada Sulbar

Sulbar

Editor Suaib Amin Prawono


Seputarsulawesi.com, Polman- Akademisi asal Tinambung, Polewali Mandar Dr. Muslimin angkat bicara menyoal ketiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat agar terhindar dari praktik kecurangan dalam pilgub.

Kepada seputarsulawesi, ia mengatakan, ada tiga poin penting yang harus dilakukan para pasangan calon, yaitu pertama; Mematuhi semua regulasi yang ada terkait pilkada, dengan mengedepankan hukum menjadi panglima. Kedua, Paslon harus memiliki kesadaran yang tinggi, bahwa demokrasi ini mesti dibangun dengan cara yang jujur, bermartabat dan berintegritas dengan prinsip siap menang dan siap kalah.

Ketiga, tidak mengeksploitasi masyarakat dengan paham pragmatisme yang menyesatkan, berikanlah kemerdekaan kepada masyarakat untuk memilih sesuai hati nuraninya. Katanya melaui Whatshap, Sabtu (11/2) malam.

Selain itu, Muslimin menambahkan, tiga catatan penting yang harus dipahami bagi penyelenggara pilkada, yaitu; pertama, penyelenggara harus profesional dan independen, mulai dari tingkat atas sampai ke penyelenggara paling bawah.


Kedua, penyelenggara harus aktif melakukan komunikasi kepada semua elemen masyarakat, pemerintah serta pihak keamanan termasuk partai politik.

Ketiga, penyelenggara harus menempatkan posisinya sebagai penyelenggara sesuai dengan undang-undang yang ada, dengan menjaga etika dan norma sebagai penyelenggara pemilu.

Muslimin berharap, Pilgub Sulbar bisa berjalan dengan aman, damai sesuai dengan mekanisme dan harapan masyarakat Sulbar. (SAP/MAN)