,         
Kamis, 05 April 2012 - 21:49:06 WIB

Dewan Guru Majene Soroti Pengelolaan Dana BOS

Kategori : Sulawesi Barat

SESI.COM- Kalangan Dewan Guru di lingkungan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) II Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, menyoroti proses pengelolaan dana Biaya Operasional Sekolah yang dianggap tidak transparan.

"Banyak kejanggalan dalam pengelolaan anggaran pendidikan di SLTP II Sendana khususnya terkait penggunaan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) dan dana rutin yang tak dikelola secara terbuka,"kata Anggota Dewan Guru SLTP II Sendana, Andi Arman SE di Mamuju, Kamis.

Menurut dia, dirinya bersama dewan guru lainnya telah lama mencermati mekanisme penggunaan anggaran pendidikan seperti dana BOS dan dana rutin yang dikendalikan langsung oleh Kepala Sekolah (Kasek) SLTP II Sendana.

"Pengelolaan dan BOS dan dana rutin tak lagi sesuai dengan prosedural karena melenceng dari acuan petunjuk tekhnis. Makanya, kami berkesimpulan telah terjadi ketimpangan pengelolaan dana pendidikan di sekolah ini,"ungkapnya.

Dia menuding, oknum kasek sama sekali tidak memperlihatkan kepedulian dalam peningkatan proses belajar-mengajar dan bahkan tidak ada kepedulian terhadap pengembangan kegiatan ekstrakurikuler (Kesiswaan).

Bukan hanya itu kata dia, keberadaan Kasek di sekolah ini sama sekali tak memiliki kompetensi manajerial sebagai seorang pemimpin.

"Kasek di sekolah ini tak memiliki kompetensi pedagogik sebagai pemimpin dan bahkan dianggap tak memenuhi pensyaratan pengangakatan sebagai kepala sekolah,"ucap Andi Arman yang juga alumni Universitas Muhammadiyah Makassar ini.

Atas dasar pertimbangan dari berbagai masalah yang terjadi di sekolah kata Arman, maka pihak dewan Guru meminta kepada pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Majene agar dapat ditinjau kembali pengangkatannya sebagai kepala sekolah.

"Kami meminta agar Dikbud Majene bisa menindaklanjuti karena bisa menimbulkan banyak persoalan di lingkungan sekolah ini, "pungkasnya.(Iwn/Ant)

Share |

Email :redaksi@seputarsulawesi.com
Iklan: 0411 (433867)
Silahkan Buka Seputarsulawesi.com di HP anda:
Versi Mobile

Isi Komentar :
Nama Lengkap :
Komentar :
Website :
Kode Keamanan :