,         
Jumat, 13 April 2012 - 17:44:10 WIB

72 Perusahaan Tambang di Mamuju Miliki IUP

Kategori : Sulawesi Barat

SESI.COM- Sebanyak 72 perusahaan tambang di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat memiliki izin usaha pertambangan untuk melakukan operasi produksi lahan potensi tambang di Mamuju.

Bupati Kabupaten Mamuju, Suhardi Duka di Mamuju, Kamis mengatakan, sekitar 72 perusahaan tambang telah menguasai lahan pertambangan di Mamuju yang telah diblok pada sejumlah Kecamatan.

Ia mengatakan, perusahaan tambang yang memiliki IUP itu telah menguasai lahan tambang di Mamuju sejak tahun 2007, meski perusahaan tersebut belum seluruhnya melakukan operasi produksi.

"Ke 72 perusahaan tambang pemilik IUP itu tidak seluruhnya melakukan operasi produksi hanya ada sekitar 10 dari perusahaan itu yang menyatakan akan segera mengelola tambang di Mamuju tahun ini,"katanya.

Oleh karena itu ia mengatakan, Pemkab Mamuju akan segera memberikan tindakan tegas kepada perusahaan yang belum melakukan operasi produksi itu dengan memberikan sanksi apabila perusahaan itu tidak segera melakukan operasi produksi.

"Kalau tidak secepatnya perusahaan itu melakukan operasi produksi maka izinnya itu akan segera dicabut karena pemerintah tidak akan membiarkan lahan tambangnya yang dapat bernilai ekonomi hanya diterlantarkan tanpa dikelola untuk pembangunan daerah,"katanya.

Bupati Mamuju mengatakan, selain 72 perusahaan tambang pemilik IUP yang dipastikan akan memberikan kontribusi bagi daerah dari sektor pendapatan ketika telah melakukan operasi produksi.

Di Mamuju juga kata dia, terdapat sekitar 19 perusahaan yang memiliki IUP untuk melakukan operasi produksi mineral bukan logam dan batuan.

Selain itu kata dia, di Mamuju juga terdapat delapan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan tiga agen distributor tabung gas elpiji 3kg yang juga turut memberikan andil bagi pendapatan daerah dari sektor energi sumber daya mineral.(Iwn/Ant)

Share |

Email :redaksi@seputarsulawesi.com
Iklan: 0411 (433867)
Silahkan Buka Seputarsulawesi.com di HP anda:
Versi Mobile

Isi Komentar :
Nama Lengkap :
Komentar :
Website :
Kode Keamanan :