,         
Sabtu, 02 Juni 2012 - 10:53:37 WIB

Pelabuhan Garongkong Barru Dapat Bantuan Rp40 Miliar

Kategori : Sulawesi Selatan

SESI.COM- Pelabuhan Garokong di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat berupa dana senilai Rp40 miliar dalam hal pembangunan dan perluasan pelabuhan.  

 

"Untuk tahap awal, kita siapkan anggaran paling sedikit Rp40 miliar," kata Menteri Perhubungan Ever Ernest Mangindaan di Makassar, Jumat.  

Disela penandatanganan Mou di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Menteri mengatakan, selain pembangunan kereta api, pemerintah pusat juga menyiapkan anggaran untuk pembangunan Pelabuhan Garongkong yang terletak di Kabupaten Barru. 

 

Tidak hanya itu, rencananya Pelabuhan Garongkong akan diperluas 400-600 hektar dan diintegrasikan dengan gudang pupuk yang bisa menampung 800 ribu ton per tahun. Gudang pupuk tersebut akan melayani kebutuhan pupuk di 14 provinsi Kawasan Timur Indonesia.

Pembangunan pelabuhan di Kabupaten Barru, tambahnya, semata-mata sebagai pelabuhan pembongkaran pupuk, sebab menurut informasi Pelabuhan Sukarno Hatta yang ada di Makassar tidak mampu lagi menampung bongkar muat pupuk sehingga terkendala kepada para petani.  

 

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menyatakan, pelabuhan Garongkong sangat berpotensi untuk ditetapkan sebagai Pelabuhan Internasional karena memiliki kedalaman hingga 20 meter.

Kebijakan tersebut sekaligus mengurangi beban Pelabuhan Soekarno Hatta yang selama ini menjadi satu-satunya jalur utama distribusi barang di Indonesia Timur.

Menteri Perhubungan Ever Ernest Mangindaan beserta Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo ke Kabupaten Barru untuk melihat lokasi Pelabuhan Garokong menggunakan helikopter. (Iwn/Ant)

Share |

Email :redaksi@seputarsulawesi.com
Iklan: 0411 (433867)
Silahkan Buka Seputarsulawesi.com di HP anda:
Versi Mobile

Isi Komentar :
Nama Lengkap :
Komentar :
Website :
Kode Keamanan :