,         
Jumat, 18 Januari 2013 - 09:56:38 WIB

Harga Emas di Makassar Naik

Kategori : MegaPolitan

SESI.COM- Harga emas di pusat pertokoan emas Jalan Somba Opu, Makassar, terus bergerak naik dari Rp540 ribu per gram menjadi Rp550 ribu untuk 23 karat.

"Dalam sepekan saja, harga jual emas 23 karat bisa naik hingga dua kali. Itu terbukti pada awal pekan ini masih Rp540 ribu per gram, namun menjelang akhir pekan naik Rp550 per gram," kata seorang pemilik Toko Sentosa Erick Haryanto di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan akibat harga emas yang terus bergerak naik, jumlah pembeli semakin menurun. Kenaikan harga itu secara tidak langsung memengaruhi daya beli masyarakat.

Ia mengatakan pada akhir 2012 pembeli masih cukup signifikan dengan rata-rata 15 orang per hari, sedangkan pada Januari 2013 dalam sehari biasanya hanya dua pembeli.

"Dalam kondisi sepi pembeli seperti ini, justru yang menjual emasnya meningkat, khususnya dari kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah," katanya.

Hal itu diakui pula oleh penjual emas lainnya di kawasan Somba Opu, Makassar, Rahman.

Dia mengatakan terjadi peningkatan penjualan emas dari masyarakat sepanjang Januari 2013. Alasannya, umumnya mereka menjual emas untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Hal tersebut dibenarkan oleh seorang warga Kelurahan Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Misnawati.

Menurut ibu tiga anak itu, pendapatan suaminya yang terganggu pada musim hujan menyebabkan dirinya harus menjual perhiasan emasnya.

"Suami tidak melaut, karena kondisi cuaca kurang bersahabat, sementara kami harus tetap memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena itu, lebih baik menjual emas yang ada daripada harus mengutang sama tetangga," katanya. (Iwn/Ant)

Share |

Email :redaksi@seputarsulawesi.com
Iklan: 0411 (433867)
Silahkan Buka Seputarsulawesi.com di HP anda:
Versi Mobile

Isi Komentar :
Nama Lengkap :
Komentar :
Website :
Kode Keamanan :